Berawal dari keingintahuan dan keinginan untuk terlihat lebih jantan, rokok mampu menjerumuskan siapapun ke jurang kecanduan. Tak hanya gelap, jurang tersebut juga penuh resiko lagi sulit didaki. Keluar dari kencaduan rokok bisa jadi sama berbahayanya dengan merokok itu sendiri. Tantangan para penikmat rokok memang tak hanya pada kecanduan akan nikotin. Saat mulai berhenti, ada tantangan lain yang juga siap menanti. Namun satu hal yang pasti, resiko rokok akan jauh berkurang seiring dengan upaya Anda dalam menghentikan kebiasan buruk ini.

Nicotine Withdrawal, inilah tembok besar yang menghalangi mereka yang ingin berhenti merokok. Gejala putus nikotin ini biasa muncul setelah 2 sampai 3 jam setelah konsumsi rokok terakhir. Tentu saja, serius atau tidaknya gejala yang dialami juga sangat tergantung dari tingkat kecanduan dan banyaknya rokok yang rutin dikonsumsi setiap harinya. Semakin tinggi tingkat kecanduannya, semakin serius pula gejala yang akan dialami. Beberapa gejala nicotine withdrawal yang bisa dialami diantaranya adalah gelisah, depresi, sakit kepala, frustrasi, sulit berkonsentrasi, mudah mengantuk, sulit tidur dan mimpi buruk. 

Namun semua itu hanyalah permulaannya saja. Tantangan terbesar untuk para pecandu rokok adalah sakau nikotin itu sendiri. Sakau nikotin inilah yang kerap menjadi momok gagalnya upaya berhenti merokok.

Tantangan tersebut memang terlihat cukup menakutkan bagi banyak pecandu rokok. Akan tetapi perlu diingat juga, semakin lama Anda memutuskan untuk berhenti merokok, semakin besar pula tantangan yang harus dihadapi. Itu semua karena tingginya tingkat kecanduan nikotin yang Anda hadapi.

Semakin lama Anda keluar dari jurang kecanduan, semakin tinggi resiko mengalami berbagai macam penyakit berbahaya mulai dari penyakit paru-paru, kanker, lambung hingga stroke. Jika saat ini belum mengalami gejala-gejala penyakit berbahaya tersebut, sebaiknya jangan menunggu hingga gejala tersebut muncul. Karena jika sudah demikian, semuanya tentu akan semakin sulit.

Berhenti merokok kini atau nanti, kesehatan Anda akan selalu jadi taruhannya. Semakin cepat Anda berhenti merokok, semakin tinggi pula kesempatan Anda untuk memperoleh kualitas hidup yang jauh lebih baik. Tak hanya kesehatan saja, keuangan Anda juga akan terpengaruh oleh kebiasaan baru Anda. 

Tak lagi ada uang rokok. Sebagai gantinya, Anda bisa mengalokasikan pengeluaran tersebut untuk keperluan lain yang tentu saja jauh lebih bermanfaat. Namun tentu saja, niat dan komitmen selalu memegang peranan kunci dalam segala upaya Anda. 

Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung