Soal mobil saya ini adalah seorang newbie. Meskipun Bapak saya dulu supir dan adik juga seorang driver namun saya baru benar-benar tertarik soal mobil saat mau berangkat ke Australia. 

Salah satu pertimbangannya adalah pengalaman dulu waktu sekolah di Amerika. Meskipun di negara maju transportasi publik cukup nyaman, namun tidak ideal untuk bisa hidup jika masih punya anak kecil dan akan memiliki aktifitas yang rutin seperti mengantar anak ke sekolah.

Kekurangan memakai transportasi umum adalah karena waiting time. Kita harus menunggu jadwal angkutan yang terkadang ada kendala atau keterlambatan. Ditambah lagi untuk perjalanan yang lebih jauh harus berpindah moda karena tidak ada jurusan yang langsung. Kendala lain karena kalo naik kendaraan umum juga akhirnya harus tetap dikombinasikan dengan jalan kaki. Untuk anak kecil kalo terlalu jauh kasihan.

Akhirnya beberapa bulan sebelum berangkat ke Australia saya ambil kursus mobil di Depok. Kemudian membuat SIM lokal dan SIM internasional dengan harapan di Australia nanti saya sudah bisa memakai mobil sendiri. 

Oke mari saya share beberapa hal di bawah ini:

Perlukah Membeli Mobil di Australia?

Pertanyaan ini sudah saya bahas di atas. Jika anda mahasiswa yang memiliki keluarga mobil rasanya adalah sebuah kebutuhan. Selain untuk berpindah tempat atau transportasi rutin, mobil juga penting untuk mengeksplor tempat rekreasi bersama keluarga. Misalnya untuk piknik ke taman, kalo masih punya anak kecil pasti barang bawaan banyak dan bisa lebih nyaman jika ada mobil.

Keuntungan lain juga jika memiliki kendaraan bisa memperbesar mendapatkan pekerjaan tambahan. Misalnya jika ingin dyambi delivery makanan atau bekerja secara kasual di tempat yang agak jauh. Syaratnya harus punya kendaraan, bisa motor, sepeda atau mobil lebih diprioritaskan.

Meskipun begitu, bagi yang lebih nyaman pakai kendaraan umum, saya juga share pengalaman di postingan lain "Transportasi Publik di Gold Coast dan Brisbane". Tapi bagi yang berkeluarga, sebenarnya tetap transportasi umum akan kita gunakan. Seperti saya disini, mobil saya pakai utamanya untuk antar jemput anak pergi dan pulang sekolah, juga antar saya ke stasiun kereta. Sisanya saya pakai kendaraan umum.

Berapa harga mobil di Australia

Harga mobil baru saya kira tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Namun untuk harga mobil bekas sepertinya disini bisa lebih murah dibanding di Indonesia. Harga mobil bekas akan sangat tergantung pada pemakaian misalnya jumlah KM (lebih rendah lebih mahal), kondisi body, kondisi AC, ada Roadworthy Certificate (RWC) atau Registrasi (REGO) serta jenis transmisi (matic atau manual). Harga mobil manual jauh dibawah mobil matic bisa selisih AU$500-1000.

Harga mobil bekas akan tergantung jenis mobil, tahun dan kondisinya. Jika kita browsing di FB Market, range harga-nya sangat luas dari yang AU$1500 sampai yang diatas AU$20.000 bisa ditemukan semuanya dengan mudah. 

Saran saya jangan beli mobil yang terlalu murah karena bisa jadi akan memengkak karena memakan biaya lain seperti perawatan dan servis yang terlalu besar. Sebagai patokan, harga mobil bekas yang diatas AU$3000 atau AU$4000 sudah cukup bagus. Tentu kondisinya tidak mulus 100% seperti mobil baru, namun masih reliable untuk dipakai beraktifitas keseharian. 

Dimana kita bisa Mencari Mobil di Australia?

Lagi-lagi FB Market adalah tempat yang paling luas dan bisa membantu. Saya sendiri membeli mobil di platform ini. Sebagaimana saya ceritakan dengan pengalaman mengontrak rumah, FB market lebih fleksibel karena private, namun kita harus hati-hati karena bisa ada scam, penipuan.

Channel kedua adalah dari senior mahasiswa Indonesia yang akan pulang ke Indonesia atau warga Indonesia yang ada di Australia. Membeli dari sini lebih terpercaya lagi karena asumsinya harusnya sudah kenalan terlebih dahulu. Harga juga bisa lebih bersahabat karena keduanya punya kepentingan yang sama.

Channel ketiga adalah melalui website khusus menjual mobil misalnya seperti Carsales.com.au yang menyediakan mobil-mobil secondhand dan mobi baru. Di web atau aplikasi seperti ini kita bisa sortir spesifikasi sesuai yang dibutuhkan. Misalnya keluaran tahun berapa, mereknya apa, km nya berapa, manual atau automatis dll. Di platform ini biasanya yang mengiklan adalah dealer-dealer kecil dan juga pribadi. Cuma terkadang harganya relatif lebih tinggi dibanding di FB Market.

Channel keempat ya datang ke dealer resmi. Dari mulai Toyota, Mitsubishi, Holden, Tesla dan merek merek mobil terkenal lainnya pasti punya dealer resmi. Tentunya disini hanya menjual mobil baru, kalopun ada mobil secondhand yang dijual yang masih mendapatkan jaminan dari produsennya.

Bagaimana Tahapan Membeli Mobil di Australia?

Tahapan membeli mobil kurang lebih alurnya seperti ini:

  1. Kita tentukan mobil apa yang dibutuhkan, spesifikasi, harga, merek dan transmisi. Supaya saat mencari kita punya gambaran jelas apa yang kita butuhkan. 
  2. Cari mobil di platform yang tersedia. Saya pribadi cari di FB Market saja dulu, lalu ke platform yang lain sebagai perbandingan.
  3. Jika sudah ketemu mobil yang menjadi incaran, kontak penjual untuk meminta waktu inspeksi.
  4. Saat inspeksi pastikan kita cek kondisi mobilnya dari mulai keadaan mesin, interior, kaki-kakinya, ban, wiper, dan coba untuk test Drive. 
  5. Kalo cocok bisa kita pastikan dulu apakah mobilnya masih punya REGO (Bukti Registrasi) dan RWC (Roadworthy Certificate). Dua dokumen ini sangat penting, karena menentukan tambahan biaya tambahan selanjutnya. Ada aplikasi juga yang bisa mengecek Rego, cek dibawah ya.
  6. Jika tidak ada REGO dan RWC maka kalo masih dianggap bagus mobilnya, kita bisa bargain harganya dikurangi. Biasanya di iklan FB penjual sudah menyebutkan soal REGO, RWC dan KM kendaraan yang menentukan juga harganya tinggi atau rendah.
  7. Jika sudah deal tinggal kita bayar saja sesuai harga yang disepakati. Pembayaran bisa cash atau transfer. Penjual di FB banyak yang minta cash karena alasannya transfer bank tidak langsung masuk ke rekening tujuan. Mungkin juga ada alasan lain, no comment.
  8. Daftarkan mobil untuk pindah tangan atau balik nama ke nama kita di Departement of Transportation and Main Road. Bisa didaftarkan di kantor cabang yang mana saja. Caranya mudah sepanjang kita punya persyaratannya.
  9. Membeli asuransi untuk proteksi mobil. Asuransi ini berbeda dengan CTP yang wajib. Asuransi ini lebih kepada proteksi jika terjadi apa-apa saat kita mengendarai mobil. Puluhan paketnya ada banyak dari mulai yang Comprehensive, atau yang hanya Third Party Liability. Prividenrya banyak dan kita bisa bayar per bulan, per 6 bulan, atau setahun sekaligus.

Syarat Balik Nama ke TMR 

  1. Bukti transaksi jual beli
  2. Formulir pindah kepemilikan yang sudah ditandatangani kedua pihak
  3. Sertifikat Roadworthy (RWC)
  4. Bukti alamat tempat tinggal bisa kontrak rumah, tagihan internet, atau bukti tertulis lain
  5. Form registrasi ke TMR untuk mendapatkan NCR
  6. Membayar biaya registrasi pindah nama
  7. Membayar premi asuransi wajib atau CTP (Compulsory Traffic Protection), semacam jasaraharja nya kalo di Indonesia

Biaya-biaya dan Cek REGO

Waktu saya balik nama mobil hanya dikenakan AU$158, ini sebetulnya di bawah ekspekstasi yang saya bayangkan. Namun ya alhamdulillah, mungkin karena saya sudah daftar asuransi mobil setahun di RACQ. 

Untuk mengecek kira-kira, biaya yang harus dibayar berapa bisa dicek di link ini Registration Cost. Tolong diingat, biaya quote atau perkiraan akan sangat berbeda antara mobil yang punya REGO dan yang tidak punya REGO. 

Untuk mengecek apakah REGO mobil kita masih berlaku sampai kapan bisa cek di apps di Google Play disini atau di Appe Store disini

Catatan: 

Kenapa perlu tanya RWC dan REGO? Karena dua dokumen ini akan menambah biaya di saat balik nama. 

Mobil yang memiliki REGO dianggap perpanjangan, sementara mobil yang sudah tidak aktif REGO-nya akan dianggap pendaftaran baru. Biayanya lebih mahal pendaftaran baru daripada perpanjangan bisa lebih dari AU$300 bedanya. 

Begitu juga dengan RWC, mobil yang tidak punya atau tidak lolos RWC tidak bisa diregistrasi ulang untuk pindah nama. Karena dianggap mobilnya tidak layak jalan. 

Sehingga sebelum pindah nama kita harus urus RWC sendiri dulu ke montir yang terdaftar. RWC nya murah mungkin kurang dari $100, tapi untuk dapat RWC mobil harus diperiksa dulu kelayakannya. 

Dan jika ditemukan bagian yang harus diservis dulu, maka harus ditindaklanjuti sebelum dapat RWC. Biayanya bisa tidak terprediksi.

Intinya mobil tanpa RWC itu nambah pekerjaaan dan nambah biaya. Tapi RWC ini syarat wajib bagi mobil private atau mobil komersil, apalagi mobil umum.

Pasti bisa

Itu dulu yang bisa saya share soal mobil ini. Jika ada informasi tambahan atau ada yang keliru nanti saya update. 

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di post selanjutnya.

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung