Meskipun risiko dan pengaruhnya terhadap kesehatan sangat tinggi, namun saat ini merokok sudah dianggap sebagai aktivitas rutin yang dilakukan banyak orang. Ini tentu harus diubah dengan upaya yang tepat melalui penyadaran dan KIE. 

Namun tahukan Anda mengenai bahaya rokok yang dapat berakibat pada kematian? Merokok dapat menyebabhakan resiko kematian bahkan jumlah angka kematiannya terus meningkat di setiap tahunnya dan bahkan juga korban kematian akibat rokok terjadi di setiap harinya. Dengan demikian dapat Anda ketahui bahwa bahaya rokok sangatlah tidak baik untuk kesehatan bahkan sudah jelas terdapat peringatan pada bungkus rokok yang mengingatkan akan bahaya rokok untuk kesehatan tubuh.

Walaupun sudah mengetahui tentang bahaya merokok dan akibat merokok namun jumlah perokok di dunia terutama di Indonesia terus meningkat di setiap tahunnya, yang juga akan berdampak pada jumlah kematian terus meningkat di setiap tahunnya. Bahaya rokok dapat disebabkan oleh beberapa kandungan yang terdapat di dalam rokok seperti kandungan nikotin, tar, zat karsinogen, zat iritan dan juga kandungan karbon monoksida yang terdapat di dalam rokok.

Berikut penjelasan mengenai zat berbahaya yang ada di dalam rokok yang dapat meningkatkan resiko kematian pada manusia:

1. Nikotin

Kandungan nikotin yang terdapat di dalam rokok dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti rusaknya jaringan otak, darah dalam tubuh cepat membeku, terus mengerasnya arteri jantung akibat bahaya rokok yang dapat menimbulkan terjadinya kematian dini.

2. Tar

Bahaya rokok yang terkandung di dalam tar rokok juga berakibat pada beberapa penyakit seperti menimbulkan lendir atau kotoran di dalam paru-paru yang berakibat pada tersumbatnya dinding paru-paru manusia.

3. Zat Karsinogen

Kandungan zat ini dapat memicu timbulnya sel kanker yang aktif bekerja di dalam tubuh sehingga menimbulkan resiko terkenanya penyakit kanker.

4. Zat Iritan

Bahaya rokok pada remaja juga dapat disebabkan oleh kandungan zat iritan yang terdapat dalam rokok yang dapat menimbulkan penyakit batuk yang tidak sembuh-sembuh.

Itulah beberapa zat dalam rokok yang menyebabkan bahaya rokok bagi kesehatan tubuh.

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung