Selama pandemi COVID-19 ini, saya diamanati MPKU PP Muhammadiyah untuk juga terlibat dalam MCCC PP Muhammadiyah (Muhammadiyah COVID-19 Command Center). Di MCCC membantu mas Arif Nur Khalis sebagai sekretaris juga menggawangi program kesehatan masyarakat yang berfokus pada promosi dan kesehatan masyarakat. 

Divisi Kesmas tentunya merupakan salah satu strategi utama dalam program Kesehatan Masyarakat termasuk tentunya di masa pandemi COVID-19. Dalam public health dikenal satu adagium bahwa pencegahan merupakan obat yang paling baik (prevention is the best medicine). Dan karena itu pula, MCCC menaruk perhatian yang cukup besar kepada upaya Kesehatan Masyarakat. 

Selama kurang lebih setahun ini kami mencoba menggerakkan berbagai program kesehatan masyarakat yang bisa dilakukan. Strategi utama tentunya menyusun dan mengkampanyekan berbagai protokol kesehatan pencegahan COVID-19, selain juga melakukan penyadaran secara langsung kepada masyarakat. 

Dan berbagai upaya ini tentunya masih sangat penting untuk dilakukan. Karena meski fasilitas kesehatan sudah mulai bisa beradaptasi dengan rutinitas COVID-19, namun sistem kita tidak akan berjalan dengan baik dengan workload pasien COVID-19 yang semakin bertambah setiap waktu. Sekarang sudah mulai vaksinasi, namun nampaknya wabah tidak akan berakhir dalam waktu dekat. 

Tim dari Bloomberg memprediksi berdasarkan kecepatan vaksinasi yang ada sekarang, setidaknya butuh waktu 10 tahun untuk Indonesia mencapai 70% warganya mendapatkan vaksi. Semoga skenario ini tidak terjadi dan kita bisa melewati pandemi lebih cepat. Namun tentu kita harus bersiap untuk skenario terburuk, yaitu 10 tahun bergelut dengan COVID-19. 

Untuk berbagai program kesmas, yang paling berjasa tentunya para kader di lapangan dan para tim penggerak yang mendampingi relawan di bawah. Namun untuk memberikan gambaran saya di MCCC sesekali diminta juga untuk sharing apa yang kami lakukan. Salah satunya dalam acara talkshow Ngopi Bareng Den Budi di link berikut ini. Jika ada waktu dan relate sama isu teman-teman silahkan simak perbincangan kami. 

Oh iya, di acara tersebut mba Ekka selaku host meminta saya buat pantun di akhir acara. Setelah memutar otak dan ngintip beberapa rumus pantun sederhana, saya buat saja dua pantun untuk merangkum inti pesan dari pembicaraan kami berikut ini:

Jalan-jalan ke Bekasi
Jangan lupa ke Jakarta selatan
Marilah kita lawan pandemi
Dengan disiplin jalankan protokol Kesehatan

Orang kaya beli mobil mewah
Pergi ke mall membeli cemilan
Sesungguhnya Sehat itu murah
yang mahal itu Perawatan dan pengobatan

Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung