Ketika mendengar istilah “perokok sehat”, terbesit dalam hati bahwa bagaimana bisa seorang perokok akan sehat-sehat saja padahal setiap hari mereka menghisap zat-zat berbahaya. Istilah tersebut hanyalah mitos belaka karena pada kenyataannya ada organ yang berpotensi dirusak oleh rokok yaitu paru-paru. 
Bayangkan saja bagaimana keadaan paru-paru mereka jika setiap saat ada asap rokok dengan berbagai zat-zat mengerikan terhirup masuk dan mengendap. Tentulah kerusakan akan terjadi yang dapat memicu penyakit. 
Agar semakin jelas, simak deretan penyakit yang ditimbulkan: 

1. Kanker paru-paru
Gejala kanker paru-paru bisa dilihat dari batuk yang terus menerus hingga mengeluarkan darah, mengalami kelelahan tanpa sebab, selalu sulit bernafas, dan diiringi penurunan berat badan. 
Kanker ini tergolong penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia, dan utamanya ditimbulkan karena intensitas kegiatan merokok yang tinggi. 

2. Bronkitis
Penyakit pernapasan ini terjadi karena saluran nafas utama pada paru-paru terkena infeksi yang menimbulkan peradangan. Gejala penyakit ini adalah batu parah selama berminggu-minggu disertai lendir, nafas terasa sesak, tenggorokan dan dada terasa sakit, hidung tersumbat, dan kelelahan. 
Umumnya, merokok merupakan penyebab bronkitis karena asap yang dihirup akan merusak rambut silia yang berfungsi melindungi paru-paru dari endapan kotoran. Lama kelamaan asap rokok akan merusaknya sehingga kotoran yang masuk dengan mudah akan mengendap di paru-paru. A
kibatnya, organ ini akan rentan terserang infeksi. 

3. Emfisema
Penyakit paru yang satu ini membuat si penderita mengalami kesulitan bernafas. Peradangan berkepanjangan yang terjadi menyebabkan kerusakan jaringan paru yang berakibat pada aliran udara yang terhenti. 
Adapun merokok merupakan penyebab utama penyakit ini karena racun yang ada pada rokok bisa merusak kerja rambut silia yang bertugas membersihkan saluran udara dari kotoran dan bakteri sehingga melindungi paru-paru dari infeksi. 
Selain itu, zat-zat pada rokok juga mempersempit saluran udara sehingga udara yang masuk akan terhalang. Para perokok memiliki risiko enam kali lebih besar terkena emfisema dibanding mereka yang tidak merokok, dan penyakit ini juga masuk dalam deretan penyakit paling mematikan di dunia.

Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung