Baiklah dalam postingan ini saya akan share pengalaman membuat surat keterangan sehat jasmani dan rohani di RSUD Tangerang Selatan dan RS Sari Asih Ciputat. 

Beberapa minggu kemarin saya ke RSUD Tangerang Selatan untuk membuat surat sehat jasmani dan bebas narkoba. Sementara surat keterangan sehat mental atau sehat rohani saya buat di RS Sari Asih Ciputat. 

Untuk apa membuat surat keterangan sehat?

Saya buat surat keterangan sehat untuk syarat pembuatan NIDN (nomor induk dosen nasional). Alhamdulillah, semester ini sayamulai aktif mengajar resmi di Fikes Uhamka. Dan untuk membuat NIDN salah satu syaratnya adalah surat keterangan sehat jasmani dan keterangan sehat rohani. 

Dua surat ini menjelaskan kondisi kita secara fisik dan psikis. Hal ini penting karena dengan diperiksa kita jadi tahu apakah ada yang salah dengan fisik dan psikis kita? jika ada, bagaimana mengobatinya sampai sembuh? atau setidaknya tidak menjadi lebih parah. Early Detection itu selalu bagus kok.

Dalam kasus lain,  surat keterangan sehat juga digunakan untuk skreeining sebelum seseorang mengisi posisi tertentu. Anda yang melamar pekerjaan atau mau nyalon (pilkada bupati/walikota/gubernur, pemilihan presiden, atau pemilihan legislatif) juga harus buat surat keterangan sehat. Begitu pula mereka yang apply beasiswa ke LPDP, perlu juga melampirkan keterangan ini.

Surat keterngan sehat jasmani biasanya dibuat satu paket dengan keterangan narkoba. Sementara surat keterangan sehat rohani/mental bentuknya seperti tes psikologi.

Surat keterangan sehat dibuat dimana? Puskesmas,  dokter atau dari klinik?

Ada yang tanya dimana membuat surat keterangan sehat jasmani dan rohani ini? Jawabnya surat ini bisa dibuat di fasilitas kesehatan, sepanjang fasilitas kesehatan tersebut memiliki layanannya. Awalnya saya menyangka harus di RS,  ternyata bisa juga dibuat di Puskesmas atau klinik lain.  Yang menjadi masalah tidak semua puskesmas atau klinik bahkan rumah sakit memiliki layanan seperti itu jadi harus dicek dulu!!!

Beberapa lembaga juga mensyaratkan surat keternagan dikeluarkan oleh minimal RS tipe C atau bahkan harus RS pemerintah. Jadi pastikan diperiksa ke faskes sesuai dengan persyaratan yang diminta. 

Karena saya hanya pernah buat di RS, bagi yang mau buat surat keterangan ke puskeasmas silahkan cek link ini Surat Keternagan Sehat Puskesmas. Meskipun begitu untuk Surat keterangan sehat dari dokter saya belum dapat infonya apakah bisa atau tidak. Begitu juga cara membuat surat keterangan sehat dari klinik. Namun dua artikel ini cukup membantu silahkan dicek disini dan disini

Berapa Biaya Pengurusan Surat Keterangan Sehat?

Biaya yang harus dileluarkan untuk mengurus surat keterangan sehat itu berbeda tergantung fasilitas kesehatan masing-masing. Pengalaman saya di RSUD Kota Tangsel dan RS Sari Asih Ciputat adalah sebagai berikut:

Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Narkoba (RSUD Kota Tangsel)
- Biaya Pemeriksaan Kesehatan         Rp.   50.000,-
- Biaya Lab tes Narkoba                     Rp. 180.000,-

Surat Keterangan Rohani (RS Sari Asih)
- Tes dan semuanya                             Rp. 350.000,-
- Biaya materia 6000                           Rp.   10.000,-

Catatan: 
Kurang lebih dari pengalaman saya kita butuh Rp. 590.000,- belum termasuk ongkos, parkir, makan siang dan lain-lain. Sekiranya harus sedia urang sekitar 700 ribu kurang lebih kalo mau leluasa. Perlu dicatat ini harga di RSUD Kota Tangsel dan RS Sari Asih untuk awal tahun 2021. Harga bisa saja berbeda di tempat lain dan di kesempatan lain. 

























Apa Kelengkapan \Pengurusan Surat Keterangan Sehat?

Untuk kelengkapannya terlihat di gambar pertama artikel ini, yaitu :
  • Surat pengantar/Permohonan dari lembaga*
  • Fotokopi KTP (siapkan saja 5 rangkap)
  • Materai 6 ribu
  • Alat tulis (pulpen atau pensil)
Catatan: 
Syarat ini agak aneh, karena info antara lobby dan asisten dokter di poliklinik berbeda. Di lobby bilang bisa atas permintaan pribadi, sementara asisten dokter bilang harus dari kampus yang akan dituju. Ini pula yang membuat saya batal buat SK sehat rohani di RSUD dan pindah ke RS Sari Asih. Intinya kalo mau bikin di RSUD, pastikan bawa surat pengantar dari kampus. Kalo tidak mending periksa di RS lain!!!! 

Proses Pengurusan Surat Keterangan Sehat? 
  1. Pendaftaran --> Datang Ke Loket Pendaftaran pastikan mau diperiksa Keterangan Sehat Jasmani, Rohani dan tes bebas narkoba.
  2. Pembayaran --> Datang ke kasir untuk pembayaran biaya pemeriksaan dan lab
  3. Pemeriksaan --> Datang ke Poliklinik Medical Check Up disitu akan ada dokter umum untuk pemeriksaan kesehatan jasmani dan psikolog untuk tes rohani. 
Pemeriksaan Tes Jasmani 
Biasanya sederhana yaitu pengecekan suhu tubuh, berat dan tinggi badan, pengukuran tensi dan wawancara dengan dokter umum. Kurang lebih sekitar 20-40 menit prosesnya. 

Setelah itu akan diberi rujukan untuk tes narkoba di laboratorium. Di laboratirum pastikan sudah dibayar semua dan akan diminta untuk kasih sample urine untuk diperiksa di lab. Untuk bisa kasih sampel, usahakan minum yang banyak ya. 

Sampel diperiksa selama kurang lebih 3 jam dan hasilnya nanti akan dikembalikan ke dokter umum di poli MCU. Setelah ada hasil lab, biasanya surat keterangan sehat sudah bisa dibuat. 

Pemeriksaan tes roahani
Untuk pengurusan surat keterangan sehat rohani biasanya dilakukan oleh psikolog. Waktu di RS SariAsih tes yang saya kerjakan adalah tes MMPI dan Wartegg (bukan Warteg ya). 
Untuk tahu jelas apa itu itu MMPI dan tes Wartegg silahkan cek di link Mengenal Tes MMPI dan Cara Mengerjakannya dan Psychotest bagian Test Wartegg saja. 
Kurang lebih tes Wartegg itu menyempurkan garis dan titik menjadi gambar sesuai persepsi kita. Nah adapun tes MMPI ini mengerjakan pertanyaan psikolog yang cukup banyak, waktu itu saya mengerjakan 350 soal, di tempat lain ada yang sampai lebih dari 500 soal. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan dua tes ini adalah 2 jam dan 15 menit (15 menit tes wartegg dan 2 jam untuk tes MMPI).

Hasil tes psikologi ini biasanya bisa diambil 2-3 jam setelah tes. 

Catatan:
Karena pemeriksaan tes psikologi cukup panjang ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, beberapa RS membatasi peserta per hari. Misal, di RSUD Kota Tangesel hanya menerima 5 orang klien, sementara di RS Sari Asih cukup banyak yaitu 20 orang (banyak banget ya). Ini terkait dengan catatan selanjutnya. Kedua, untuk tes psikologi usahakan datang sepagi mungkin, misalnya jam 7 ke RS supaya kita bisa mendapatkan jatah tes hari itu juga dan cukup waktu untuk mengerjakan tesnya yang panjang itu. 
Swasta vs RSUD: Kelebihan RS Sari Asih adalah kita bisa booking duluan kapan mau dites sehingga bisa dipastikan kita mendapatkan giliran untuk tes pada hari yang ditentukan. Kelebihan kedua adalah meja yang harus kita tuju berdekatan. Antara loket pendaftaran dan loket pembayaran ada di pojok yang sama. Overall memang lebih praktis dan lebih jelas. Catatan penting buat perbaikan RSUD Kota Tangsel. 

Demikianlah pengalaman saya membuat surat keterangan sehat di RSUD Kota Tangsel dan RS Sari Asih Ciputat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung