Kebiasaan merokok dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh manusia serta dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit kronis seperti gangguan jantung, stroke, gangguan kehamilan dan janin, keguguran, impotensi bahkan berujung pada kematian.
Untuk menghindari semua itu, anda perokok aktif atau perokok berat harus segera mencari cara untuk berhenti merokok secepatnya. Ada berbagai cara dan upaya untuk dapat benar-benar dapat berhenti mengkonsumsi rokok. 
Pada ulasan kali ini ada beberapa tips berhenti merokok bagi siapapun yang masih terjerat perilaku ini:
1. Perkuat Niat
Yang pertama harus dilakukan adalah mengumpulkan dan memperkuat niat untuk berhenti merokok. Tanpa ada niat yang kuat maka upaya berhenti merokok akan menjadi sia-sia. 
Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat berhenti merokok adalah menghitung untung dan ruginya merokok. Setiap manusia punya kecenderungan untuk menghindari rugi dan kesialan. 
Misalnya cari tahu kerugian merokok dari segi kesehatan, dari segi keuangan, dari segi pergaulan bersama  keluarga. 
Misalnya dari segi kesehatan kita bisa mencari tahu apa saja penyakit akibat merokok. Dari segi keuangan rokok sama saja dengan membakar uang sia-sia. Dari segi pergaulan merokok bisa merugikan orang-orang di sekitar kita termasuk anak, istri, kakak, adik, ibu, bapak atau rekan kerja. 
Hal lain yang bisa dilakukan untuk memperkuat niat berhenti merokok adalah mencari pendapat keagamaan dan bergaul dengan mereka yang tidak merokok. 

2. Menetapkan rencana  
Rencana adalah setengah keberhasilan. Makanya orang yang tidak memiliki rencana akan sulit mencapai target yang dia idam-idamkan. Karena sejatinya orang yang tidak memiliki rencana sebetulnya tidak punya target. 
Nah, dalam hal berhenti merokok maka perokok bisa menetapkan target berapa lama ia akan mencoba untuk berhenti merokok. Sebaiknya jangan berikan waktu yang terlalu longgar karena itu akan membuat komitmen anda melemah. Misalya tetapkan bahwa saya akan berhenti dalam sehari, seminggu, sebulan, atau paling telat tiga bulan. 
Dalam menentukan rencana anda harus tahu apa yang akan anda alami. Misalnya berapa lama proses detoksifikasi nikotin dari tubuh, gejala putus nikotin, efek samping berhenti merokok dan detail-detail lainnya. Semakin anda tahu apa proses yang akan dijalani maka rencana anda akan semakin jelas dan lebih mudah dilaksanakan. 
Termasuk dalam tahap perencanaan ini adalah cara apa yang akan anda lakukan dalam mencapai posisi berhenti dari perilaku merkokok. 
Dalam hal ini ada uda hal yang bisa dilakukan. Pertama, berhenti merokok secara sekaligus. Misalkan anda puas-puaskan merokok di hari ini untuk kemudian besok dan seterusnya anda tinggalkan kebiasaan itu. Hal ini mungkin akan dilakukan misalnya saat bulan puasa tiba, saat yang tepat untuk berhenti merokok secara sekaligus. 
Cara kedua untuk berhenti merokok adalah secara berangsur-angsur. Cara ini dilakukan misalnya dengan menunda rokok anda secara perlahan. Misalnya di pagi hari setelah sarapan biasanya anda mulai merokok jam 7. Maka esok harinya anda baru mulai merokok jam 7.30. Kemudian hari berikutnya jam 8, kemudian 8.30, jam 9 dan seterusnya. Hingga suatu saat anda sama sekali tidak merokok sebatang pun dalam sehari. 
Video ini menarik menjelaskan cara ini:

3. Ciptakan Suasana yang Mendukung 
Misalkan cara membuat suasana yang mendukung adalah dengan membersihkan semua ruangan rumah dari hal yang memiliki hubungan dengan rokok. 
Singkirkan semua bungkus rokok, korek, aspak dan hal apapun yang bisa membuat anda kembali merokok. Cuci semua pakaian anda, gorden, karpet dan lain-lain yang terkena asap rokok. Kemudian tak lupa juga untuk memberi pengharum ruangan agar aroma rokok yang selama ini tercium menjadi hilang.
Termasuk dalam hal ini tidak atau tidak sering  berkumpul dengan teman-teman yang masih merokok. Nongkrong dengan perokok akan menggoda anda untuk mencoba lagi dan lagi. 
Anda juga bisa menyampaikan rencana berhenti merokok kepada keluarga dekat, teman dekat dan teman yang selama ini menjadi kawan merokok anda. Dengan begitu mereka akan mengerti apa yang sedang anda lakukan dan akan mendukung. 
Nah untuk mendukung berhenti merokok juga and juga bisa mengamalkan beberapa tips berhenti merokok untuk pecandu rokok berat  berikut:
  • Sibukkan diri dengan aktivitas lain atau kegiatan alternatif yang dapat mengalihkan keinginan merokok. Anda misalnya dengan berolahraga atau membaca buku.
  • Mengganti rokok dengan mengkonsumsi permen ataupun gula atau makanan lainnya. Saat ingin merokok maka segeralah kunyah permen dan cemilan lainnya. 
  • Bertemanlah dengan orang yang tidak merokok. Ini akan lebih mudah membantu anda tidak merokok lagi. Banyak sekali perokok yang sudah berhenti kembali merokok karena tidak tahu ia sudah tidak merokok lagi. 
4. Mintalah Dukungan Professional
Langkah keempat ini dilakukan jika proses berhenti merokok yang anda lakukan sangat berat dan tidak berjalan lancar. Profesional disini adalah mereka yang memiliki kapasitas keahlian tertentu yang bisa membantu anda dalam proses berhenti merokok. 
Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog, dokter, atau ahli terapi hipnosis. Berkonsultasi dengan psikolog akan membantu anda secara mental karena ia akan mengarahka dan memperkuat kepercayaan diri anda dalam proses berhenti merokok. 
Dokter atau dokter psikiater bisa membantu proses berhenti dengan memberikan obat-obatan khusus untuk mengurangi ketergantungan dengan nikotin. Sementara diluar itu anda juga bisa ketemu dengan ahli hipnosis misalnya para ahli SEFT atau SEFTER. 
Terapi hipnosis dengan SEFT bisa membantu anda mempermudah proses berhenti merokok. Anda bisa tonton video menarik ini:
Selamat Berusaha
Demikianlah beberapa cara berhenti merokok bagi para perokok berat dan perokok aktif. Sehingga bagi anda yang sedang ingin mulai berhenti, lakukanlah langkah-langkah di atas. Tentunya semua itu haru dilaksanakan dengan penuh kesadaran, komitmen dan konsistensi. 
Selamat berusaha untuk berhenti merokok. Sukses!!!

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung