Kepopularitasan rokok sudah tidak diragukan lagi karena setiap orang mengenal benda yang diklaim sebagai sumber penyakit mematikan ini. Selain itu, sudah banyak papan peringatan terpampang dengan tulisan yang terbaca jelas dilatar belakangi gambar sarat makna. 
Peringatan itu berisi larangan untuk merokok, dan tak tanggung-tanggung kematian dan sejumlah penyakit ganas  tertulis sebagai efeknya. Gambar kerusakan organ tubuh perokok juga ditampilkan di bungkus rokok untuk menunjukkan efek mengerikan dari rokok. 
Lalu, seberapa bahayanya rokok dan kandungan apa saja yang ada? Berikut ini tiga zat paling berbahaya yang terkandung pada rokok: 
1. Tar
Kandungan tar dalam rokok berkisar 0,5-35 mg. Zat ini berupa cairan kental berwarna coklat atau hitam yang muncul ketika rokok telah disulut api, dan merupakan zat karsinogen. Tar yang terkandung dalam rokok, akan terisap masuk ke dalam tubuh melewati jalan nafas dan kemudian mengendap di paru-paru.   
2. Nikotin
Zat ini memiliki kandungan 0,5- 3 mg dalam rokok. Nikotin merupakan cairan berminyak yang tidak berwarna, dan bersifat adiktif sehingga membuat perokok kecanduan untuk merokok. Dengan adanya nikotin ini, perokok merasakan kenikmatan yang luar biasa, dan rasa cemas akan segala masalah dan beban berkurang sehingga sulit bagi mereka untuk berhenti merokok. Selain itu, efek berbahaya lain dari nikotin yaitu timbulnya penyakit hipertensi dan penyumbatan pembuluh darah. 
3. Karbon Monoksida
Karbon monoksida merupakan zat tak berbau yang terkandung dalam asap rokok. Zat ini tidak hanya merugikan si perokok namun orang yang ada di dekat perokok karena mereka dapat menghisap asap yang dikeluarkan si perokok. Asap beracun ini dapat menempel dan  mengikat hemoglobin sehingga menghalangi pengangkutan oksigen dalam darah yang berpotensi menimbulkan penyakit koroner serta kerusakan parah pada paru-paru. 
Dari poin-poin di atas sudah terlihat jelas bahwa slogan “Rokok Membunuhmu” sangatlah tepat sebagai peringatan bagi para perokok karena zat-zat rokok berpotensi besar menyebabkan kematian. Jadi, Anda bisa menyimpulkan sendiri apakah rokok itu berbahaya atau tidakkan?

Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung