Perkembangan teori pembangunan itu tidak terlepas dari dinamika politik dan ekonomi yang terjadi yang menjadi latarbelakang. Misalnya pada paska Perang Dunia kedua saat bangsa Eropa dibantu Amerika membangun kembali negara-negaranya setelah luluh lantak karena perang, maka investasi dari luar menjadi faktor kunci pembangunan. Program Marshall Plan menjadi background dinamika sosial yang membentuk teori pembangunan saat itu. Begitu pula dinamika yang terjadi setelah itu.


Secara garis besar bisa kita kelompokkan kepada beberapa tahap dan jenis seperti teori yang fokus melihat pembanguna sebagai proses yang linier searah dan runtut. Teori modernisme adalah salah satunya. Setelah itu juga ada teori yang melihat semuanya dalam kacamata yang lebih struktural dan sisteimik seperti teori World System dan Teori Dependensi. Ada juga yang fokus pada governance dan manajemen pemerintahan dan fungsi pasar seperti neoliberal.

Semua ada loophole dan kritiknya masing-masing. Seiring waktu kita coba bedah satu persatu secara lebih detail. Untuk saat ini sekilas saja, nanti kita sambung setelah tugas rampung hehehe.


Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung