Saya ingin mengendorse pentingnya bagi setiap keluarga memiliki asuransi kesehatan dengan banyak sekali alasan. Secara umum juga mengendorse untuk memiliki asuransi sebagai bagian dari perencanaan keuangan. 

Apalagi jika seseorang berfungsi dan bertindak sebagai breadwinner, pencari hajat hidup dalam keluarga, maka proteksi harus ditambah dengan asuransi jiwa. Karena jika yang bersangkutan meninggal maka keluarga yang ditinggalkan akan mengalami kesulitan keuangan. 

Saya pernah mengalami beberapa pengalaman karena tidak punya asuransi dan kemudian jatuh sakit. Maka yang terjadi adalah seluruh tabungan yang dikumpulkan dan uang kas yang sedianya bisa dipakai untuk kebutuhan lain kemudian terpaksa dipakai untuk biaya pengobatan. Dulu saya dan juga istri pernah mengalami sakit dua kali saat tidak memiki asuransi dan akhirnya sebagian besar tabungan habis untuk biaya pengobatan.

So berikut ini beberapa alasan untuk punya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. 

Pertama, sebagai bagian dari perencanaan keuangan dan fungsi proteksi. Salah satu fungsi asuransi adalah proteksi dari biaya kesehatan yang sangat tinggi. Jika suatu saat kita mengalami sakit dan butuh biaya besar maka asuransi kita akan membayarnya atau membantu meringankan beban biayanya. Jangan sampai karena jatuh sakit maka seluruh investasi yang disiapkan untuk keperluan lain jadi tidak terpenuhi. 

Kedua, asuransi juga akan membantu melindungi dan memberikan rasa aman. Karena ada semacam bumper yang disiapkan jika kita mengalami kondisi darurat maka performa kita bisa lebih fokus dan produktif. Jika kita takut sakit atau mengalami sesuatu yang tidak diinginkan maka akan ada lecenderungan berperilaku konservatif, cari aman sehingga pada akhirnya malah menjauhkan dari growth zone. Karena growth zone atau zona pertumbuhan itu memang dipenuhi dengan ketidakpastian dan risiko. Sehingga tanp rencana matang dan kemungkinan tumbuh bisa jadi kita berada dalam kemandegan, stagnasi.

Namun meskipun begitu, membeli produk asuransi juga perlu banyak informasi. Meski fungsi proteksinya kuat namun premi yang harus dibayar juga tetap bisa kita kategorikan sebagai liabilities. Seperti dalam penentuan decisio tree, asuransi itu uang yang sudah pasti habis. 

Kita harus faham apa jenis asuransi yang dibutuhkan, siap agen penjualnnya, berapa jumlah premi yang mesti dibayar dan hal taknis lainnya. Jila sembarangan bisa jadi kita mendapatkan asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan. 

Oke selamat berburu dan pastikan memilih produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan  rancangan ke depan


Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung