Disclaimer: Judul yang lebih tepat mungkin persiapan bagi mahasiswa baru Ohio University yang akan tinggal di Athens, Ohio. Informasi yang saya share berdasarkan pengalaman hidup dua semester di kota ini. Namun bisa jadi informasi ini juga relevan bagi calon mahasiswa yang bersiap hidup di college town yang lain di Amerika Serikat. 

Bingung?
Kali pertama datang ke suatu tempat atau pindah wilayah tentu kita merasakan bingung. Karena banyak yang tidak kita ketahui. Banyak informasi yang belum di dapat. Nah, itu pula yang saya rasakan saat pertama menginjakkan kaki ke negeri paman Sam. Tentu itu juga yang dirasakan temen-temen waktu pertama kesini. Untuk itu saya bikin entry ini. Tidak berniat memberi informasi lengkap, paling tidak memberi keterangan biar tidak tersesat di jalan... cie...




Lokasi
Pertama soal lokasi dulu, tentu kalian sudah tahu Amerika Serikat itu negara besar dengan 50 negara bagian. Luasnya terbentang luas dari ujung pantai barat di California hingga ke ujung pantai Timur di Maine. Jadi pertama harus faham dulu kita menuju negara bagian di sebelah mana. 

Nah untuk yang mau ke Athens, Ohio, kita ada di Midwestern yaitu di tengah ujung utara negara federal AS. Jangan terjebak dengan istilahnya, karena meski Midwestern, sebetulnya kita lebih berada di bagian timur daerah US bukan di bagian barat. Istilah lain yang sering dipakai adalah Mid-America atau amerika bagian tengah. Menurut tukang sensus US, negara ini dibagi 4 regional menjadi West, Midwest, Northeast dan South

Nah Ohio, itu meski midwest tapi ia berada di ujung tenggara lebih dekat dan berbatasan langsung dengan Northeast dan South region. Lama-lama jelasin Ohio mirip jelasin Depok atau Pamulang hubungannya dengan Jawa Barat dan Banten. Lebih deket ke Jakarta cuy... Athens, Ohio juga seperti itu, kita deket ke Parkersburg yang di West Virginia daripada ke Cleveland misalnya.


Bandara dan Transportasi ke Athens
Untuk masuk ke sebuah negara kita akan melewati Port of Entry atau Point of Entry, lokasi dimana proses imigrasi akan berlangsung. Yang mau ke Athens, biasanya kita masuk melalui Chicago di bandara  O'hare International Airport. Bisa saja dari airport lain karena semua international airport pasti ada bagian imigrasinya. 

Nah tapi untuk menuju Athens, bandara terdekat adalah Jon Glen Columbus Airport. Ini bandara adanya di kota Columbus, ibu kota negara bagian Ohio. Lokasinya sekitar 1,5 hingga 2,5 jam perjalanan dari Athens, Ohio. Karenanya dari Columbus ke Athens, kita tentu ga bisa jalan kaki, gempor. Emangnya mau demo seperti yang dilakukan para supir truk di Indonesia? Kita perlu kendaraan. 

Jadi meski kita masuk dari Chichago, tapi ke Athens kita akan terbang dulu ke Columbus baru kemudian jalan darat ke Athens. Ya memang begitu, ini seperti layaknya kita dari Cengkareng mau ke IPB, harus ke Darmaga, lewat pamulang dulu bro, atau naik kereta ke Bogor. jadi Athens itu ya Darmaga hahahah. Jauh iya, terpencil ya gitu deh... tapi yang pasti keren, lebih keren dari IPB pastinya...

Dari Jon Glen Columbus ke Athens, ada beberapa alternatif kendaraan. Yang pertama dan yang paling utama ya minta dijemput temen hehehe. Selain nyaman pake mobil pribadi, kemungkinan besar tidak perlu bayar...ha...hay.. Tapi tidak selalu memungkinkan tentunya. Alternatif kedua ya cari angkutan umum. Kalo tidak terburu waktu anda bisa cari Go Bus atau Greyhound dari Airport langsung ke Athens sampai di Baker Center Ohio University.  

Kelebihannya ya murah bayar hanya $10 hingga $18 sekali naik. Kekurangan naik bus adalah waktu, bukan lama di perjalanan yang berbeda tapi juga karena jadwal busnya sudah ditentukan. Jangan berpikir dari Columbus ke Athens, laksana Ciputat-Parung ya yang angkotnya berseliweran tiap 10 menit!!! Jadwal bus Athens-Columbus itu seperti ini:

Jadwal Bis dari Jon Glen Ke Ohio University
Jam 6.35 pagi
Jam 10.00 pagi
Jam 3.15 sore

Diluar jam itu mungkin anda harus rental mobil dan bisa-bisa harganya mencapai $100 sekali berangkat. Jadi mau pilih mana?

Tiba di Athens
Tiba pertama kali di kampus lagi-lagi kita bingung. Supaya sedikit membantu ada baiknya kontak dulu pengurus Permias di lokasi yang kita tuju. Tahu kan Permias? Persatuan Mahasiswa Indonesia di AS (Permias) isinya pasti mahasiswa Srilanka. Ya mahasiswa Indonesia lah ya. Namun memang belum tentu pengurus permias di lokasi anda available atau pada aktif bisa banyak hal ya. Tapi opsi ini patut dicoba karena mereka pasti dengan senang dan riang gembira membantu calon rekan baru hidup di AS. 

Untuk infromasi pengurus Permias silahkan check data kontak web permias disini. Untuk yang mau ke Athesn, atau Ohio University bisa cek disini, atau hubungi saya juga boleh. Nanti saya gendong dari Baker Center..... 

Nah soal tiba di Athens, Ohio pasti anda akan terdampar di Baker Center Ohio University. Awas jangan telat turun, karena pemberhentian selanjutnya Athens Community Center atau Parkersburg dan itu udah jauh lagi dari Athens. Jangan ketiduran di bis ya. Mau kemana setelah itu akan sangat bergantung dengan dimana anda akan tinggal setelah itu. Kita bahas di point selanjutnya 

Housing
Ini masalah penting karena masuk kebutuhan primer, ya seperti Sandang Pangan dan Papan. Untuk housing di US akan sangat tergantung dimana kota anda tinggal dan di bagian mana anda akan tinggal di kota itu. Biasanya sewa tempat tinggal di daerah kampus itu akan relatif lebih mahal karena ada pasar mahasiswa yang menjadi demand nya. Ya sama dengan fluktuasi harga-harga bisnis kost-kost an atau rumah kontrakan di Indonesia yang deket kampus. 

Untuk konteks Athens, Ohio rate untuk housing yang standard sekitar $350 hingga $850 per kamar per bulan. Sekali lagi proximity (kedekatan dengan kampus) dan facility (apa yang disediakan) apartmen yang anda tuju akan menentukan besar biaya sewa. Untuk apartmen standard biasanya yang disediakan adalah kamar beserta kasur dan isinya, kamar mandi dan optional biasanya dapur untuk masak. Jadi pastikan dicek saja. 

Ada dua tipe housing juga dilihat dari paket yang ditawarkan, ada housing yang all in sudah termasuk utility, listrik, internet ada yang belum termasuk itu semua. Ada yang apartemen ada yang rumah disewakan per bed. Untuk di Athens, Ohio anda bisa cek market place housing untuk mahasiswa Ohio University di group Facebook ini OHIO University Housing.

Saya tahun pertama tinggal di University Commons, ini salah satu favorit karena meski tidak terlalu dekat ke kampus, tapi sewanya relatif murah sekitar $375 - $450 per bulan. Pembayaranyya bisa per bulan atau per tiga bulan. Saya ambil yang per tiga bulan karena biayanya lebih murah, dapat diskon, namun kekurangannya berat di awal karena harus bayar banyak sekaligus.  

Banyak housing dulunya punya OU tapi diprivatisasi karena cuma bebanin kampus. Ini beberapa tempat juga yang bisa anda cek sebagai alternatif:
  1. River Park kelebihannya dekat dari kampus, istilahnya hanya sepelemparan batu. Namun ratenya segini $450 - $900 per bulan.
  2. River Gate hampir sama dengan River Park karena tetanggaan. Dekat kampus dan ratenya $450-$900 per bulan 
  3. Courtyard ini juga mantap tapi agak jauh dari kampus dan ratenya $600 - $1350 per bulan
  4. Carriage Hill atau Campus Heights agak jauh dari kampus ratenya $380 - $770 per bulan
  5. Mill Street Village ini lebih dekat ke kampus tapi ratenya lumayan $820 - $1120 per bulan
Kalo beruntung ada juga housing yang dibawah harga-harga itu semua bisa sampai hanya $220-$300 per bulan, tapi barang langka dan biasanya belum all in karena utility, internet dan laundry belum termasuk. Bisa juga cek di beberapa situs berikut ini Craiglist, Apartments.com, Trulia.com, tapi ya memang cari tempat layak tidak selalu murah. Ada harga ada barang cuy....

Living Cost
Untuk living cost ya kembali ke rumus sederhana yang primer pasti Sandang, pangan dan Papan. Baju kalo anda tidak suka gaya, pake baju yang dari Indonesia tidak ada masalah. Bebas berekspresi kalo kata orang Alden Librari. 

Namun yang paling besar disini tentu akomodasi (papan) seperti saya jelaskan di bagian housing diatas. Rangenya antara $400 - $800 per bulan, tergantung dapat dan carinya yang kayak gimana. 

Pengeluaran lain untuk pangan (makanan) tergantung masing-masing makan nya sesering dan segede apa? Kalo masak terus tiap hari per bulan paling kurang dari $300. Saya sendiri bisa kurang dari 200 kalo kita berhemat dan jarang makan diluar. Kalo banyak jajannya bisa lebih.
Untuk transport disini di Athens, bis dalam kota gratis sepanjang bisa menunjukkan kartu mahasiswa. Kalo mau jalan kaki atau pake sepeda juga bisa karena jarak nggak terlalu jauh. Itu memang kelebihan Athens dan college town yang lain, biaya hidup maksdunya untuk makan nggak terlalu mahal dan kotanya sepi. Cocok kalo mau fokus belajar. Mungkin pertimbangannya kalo mau ngemall harus ke kota lain

Komunikasi
Maksudnya komunikasi biaya untuk mobile phone ya. Kalo HP anda sudah compatible dengan jaringan di AS, tidak perlu ganti HP sudah aman. Kalo tidak maka akan seperti kasus saya, HP saya yang dibawa dari Indonesia tidak bisa dipake sim card US, dan baru aktif kalo ada wifi. Nah kalo mau beli gadget, disini harus sabar dan rajin membandingkan harga. Kalo mau beli HP baru ya semua harga bisa jadi standard, sepanjang ada duitnya silahkan beli. Tapi disini biasanya HP baru sudah satu paket dengan kartu sim dan data plan. 

Kalo mau murah cari HP second yang mint condition. Mint condition artinya HP nya bekas tapi masih kelihatan baru karena minim dari tanda gores dengan fungsi yang masih berjalan dengan baik. Jadi fungsi dan penampilannya seperti baru. Saya sarankan cek beberapa situs seperti Ebay, Amazon, Swappa. Saya beli One Plush plus dari Swappa second mint condition hanya $175, padahal di Indonesia harga barunya masih 4,5 jt. 

Untuk data plan ada beberap provider seperti  T-Mobile, Verizon dan AT&T. Kalo di analogikan di Indonesia T-Mobile itu Indosat, Verizon itu XL dan AT-T itu Simpati. Saya pake T Mobile karena ikut family plan sama beberapa teman fulbright. T-Mobile memang sinyalnya tidak seluas AT-T atau Verizon, tapi harganya relatif lebih murah karena family plan. Saya bisa jadi salah lha belum pernah coba yang lain. Tapi kalo yang ikut academic training di fulbright biasanya dikasih kartu MintSim khusus mahasiswa. Ini paketnya juga murah, dan di beberapa tempat bisa digunakan dengan baik. Sayangnya di Athens saya nggak bisa pake MintSim. Akhirnya pindah ke T Mobile.  

Transportasi Selama di Athens
Transportasi selama di Athens bisa dengan menggunakan Athens Public Transit. Ada 6 jalur bis yang beroperasi dari Senin sampai dengan Sabtu jam 7 pagi hingga jam 8 malam, khusus Sabtu jam 8.45 pagi hingga 5.45 sore. Bagi mahasiswa OU semua gratis, dengan syarat menunjukkan kartu mahasiswa dan ditempeli stiker APT. 

Perlu dicatat juga bus disini tidak bisa berhenti di sembarang tempat dan setiap jalur hanya ada satu bis yang melayani. Artinya kita harus naik dan turun di halte dan pemberhentian tertentu yang sudah ditentukan dan sesua jadwal. Karena hanya satu bis per jalur, setiap putaran biasanya memakan waktu satu jam. Jadi jika telat naik bis pada satu putaran berarti kita harus nunggu satu jam kemudian. Yes, begitu menyenangkan menunggu bis satu jam ya. 

Hari-hari pertama saya di Athens, sering banget ketinggalan bus dan katrok karena nggak tahu tempat pemberhentiannya dimana. Namun sebetulnya ada satu aplikasi yang bisa kita kasih tahu kapan dan dimana bis yang sedang kita tunggu. Sehingga prosesnya bisa lebih mudah. Aplikasinya disebut dengan DOUBLEMAP. Aplikasi ini tidak hanya khusus di Athens, tapi juga bisa dipakai di kota lain. Ada banyak sekali sistem transportasi yang bisa diakses melalui aplikasi ini. So, biar nggak kesasar install ya aplikasinya. 

Pusat Perbelanjaan
Untuk belanja ya Amerika itu mbahnya chainstore alias toko franchise atau toko berjejaring. Belanja kebutuhan sehari-hari bisa dipenuhi dengan belanja ke "Toko Sagala Aya" atau disebut Supermarket. Di AS yang paling besar dan ada dimana-mana itu Kroger dan Walmart. Anda bisa menemukan apapun disini kecuali goreng tempe, tahu bulat dan oseng-oseng mercon.  Dua giant supermarket ini ada di Athens dan menjadi tujuan utama belanja kebutuhan warga Athens. Untuk menuju kesana anda bisa naik bus manapun di Athens karena semua bis pasti lewat ke depan muka pintu dua Toko Sagala Aya ini. 

Selain Walmart dan Kroger anda juga bisa belanja di Siemen, Aldi , Dollar Tree atau Family Dollar. Tapi tentu barangnya tidak selengkap Kroger dan Walmart. Untuk yang mau beli kecap dan saos atau bumbu masakan khas Indonesia bisa beli di Oriental Stores di E State atau mungkin harus main ke Columbus berkunjung ke Saraga International Grocery. Jauh ya, makanya bawa dan nimbun kecap aja dari Indonesia!!! 

Kalo mau ngga jauh bisa juga belanja online di Efood Depot. Ini supermarket online yang jual barang-barang dari Asia Timur raya termasuk asia tenggara. Disini anda bisa saja beli sambel terasi, anak mas, kecap, sambel dan bumbu lain yang tidak dimakan sama orang Amerika hehehe. Beli indomie juga bisa disitu cuy ....

Terakhir
Hidup di negeri orang memang tidak selalu nyaman, karena percaya deh disini susah banget cari tukang bakso atau batagor. Makanan pedas dan berbumbu juga barang yang sulit didapatkan. Namun yang pasti kita akan belajar banyak dari tradisi dan budaya yang berbeda. So, enjoy your journey. Itu saja yang bisa saya share. Kalo ada pertanyaan silahkan komen di bawa ya atau bisa colek saya di FB, twitter atau Instagram. Selamat datang di negara Uncle Donald Trumpp!!!!

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung