Masa beasiswa adalah masa yang indah dan terbaik untuk fokus belajar dan pengembangan diri. Betapa tidak? Penerima beasiswa bisa belajar dengan fokus karena biaya kuliah dan kehidupan sehari-hari ditanggung pemberi sponsor. Ibaratnya dibayar untuk belajar.  

Namun bagi awardee yang sudah berkeluarga tugas belajar atau mendapat beasiswa juga menjadi periode yang menantang secara finansial. Apalagi bagi mereka yang tidak bisa atau belum bisa membawa keluarga. Karena selama studi berarti pengeluaran menjadi dobel karena harus membiayai dua dapur.

Cara Transfer Uang Dari Luar Negeri, Khususnya Dari Amerika Ke Indonesia

Namun blog posting kali ini tidak akan membahas dilema perdapuran penerima beasiswa seperti diatas. Melalui postingan ini saya ingin berbagi soal hal teknis yang akan rutin dilakukan yang awardee yang sudah berkeluarga, yaitu cara tansfer uang dari luar negeri ke Indonesia. Secara khusus soal cara transfer uang dari Amerika ke Indonesia.

Secara singkat saya menganjurkan pake Wise (dulu Transferwise). Wise adalah salah satu startup atau perusahaan teknologi yang didirikan oleh Taavet dan Kristo pada tahun 2010. Taavet adalah mantan karyawan Skype yang tinggal di London, sementara Kristo adalah mantan Karyawan Deloitte yang juga tinggal di London.

Keduanya berasal dari Estonia dan memiliki masalah dengan perbedaan nilai tukar karena mata uang yang dipakai berbeda. Keduanya mendirikan Wise dengan harapan membantu proses transfer uang di internasional yang murah, adil dan sederhana. Jadi Wise adalah perusahaan yang didirikan untuk menjawab kebutuhan mereka pribadi pada awalnya.

Saya kira perusahaan ini masih berpusat di luar negeri dan belum memiliki perwakilan di Indonesia. Jadi sepertinya Wise beroperasi secara global. Belum ada Wise Indonesia.

Dibawah saya share kelebihannya. Namun saya juga akan berbagi pilihan-pilihan yang lainnya. Informasi ini penting menurut saya, karena selama kuliah di perantauan, maka kita akan sering kirim uang dari Amerika ke Indonesia.

Pada dasarnya mengirim uang dari luat negeri bisa pake 3 cara yaitu melalui teller bank langsung, layanan transfer dan melalui financial technology (fintech). Oke kita share satu-satu ya.


Pilihan pertama : Transfer antar bank (wire transfer)

Cara yang paling standar dan sudah sangat lama tentunya transfer antar bank. Cara ini bisa dilakukan melalui tranfser kawat (wire transfer) atau melalui rtgs. Ini cara paling mudah tapi belum tentu praktis dan sederhana. Karena tidak semua sistem perbankan di masing-masing negara sama cara kerjanya.

Kelebihannya adalah memaksimalkan bantuan dari pihak bank. Kita tinggal datang ke bank masukkan uang untuk dikirim ke rekening bank penerima. Dalam prosesnya kita akan banyak menggunakan bantuan dari pegawai bank. Dan kita juga perlu kode bank tujuan kita yang disebut dengan swift code. Kalo sudah terpenuhi maka uang bisa dikirim dengan mudah.

Namun ada beberapa kekurangan dengan cara ini misalnya kita perlu waktu cukup banyak untuk datang ke bank terdekat. Belum lagi biaya transfernya yang cukup besar.  Sebagai contoh saya disini menggunakan Chase Bank dan jika saya ingin transfer uang ke Bank Mandiri di Indonesia maka biayanya $50 per sekali transaksi, jumlah yang cukup besar.

Kalo uang yang akan dikirim jumlahnya banyak maka wire transfer ini bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. Layanan ini biasanya dipakai untuk transaksi bisnis, misalnya transfer antar perusahaan atau lembaga yang perlu tanda bukti pengiriman dan penerimaan. Namun jika uang yang dikirim sedikit dan rutin, maka ini bukan pilihan yang menguntungkan.

Pilihan kedua: Layanan transfer uang (western union, money gram)

Pilihan kedua melalui layanan khusus transfer uang misalnya western union dan money gram. Ini adalah perusahaan khusus yang jasa utamanya memang membantu pengiriman uang.

Caranya kita tinggal cari tempat-tempat yang menyediakan layanan ini, biasanya di minimarket, kantor pos atau di pojok-pojok mall. Melakukan transaksi dan selesai. Kita akan mendapatkan semacam kode pengiriman yang bisa digunakan penerima untuk mengambil uangnya loket layanan di negara tujuan.

Cara ini juga cukup simpel dan mudah, karena kita tidak membutuhkan nomor rekening penerima. Jadi kalaupun penerima tidak memiliki bank account sekalipun, maka uang tetap bisa diterima sepanjang bisa akses layanan transfer uang tersebut.

Pilihan ketiga: Layanan Fintech (Paypal, Wise dll)

Nah pilihan ketiga ini semakin populer di zaman now yang semuanya memakai internet, yaitu melalui situs financial technology. Ada beberapa startup yang memberikan layanan transfer uang, yang saya akan bahas disini dua yang pernah saya gunakan yaitu paypal dan Wise. Seperti saya jelaskan di paragraf di atas bahwa Wise berusaha membantu proses transfer internasional menjadi lebih mudah, adil dan lebih sederhana. Kedua layanan ini begitu terkenal karena memberikan kemudahan dan praktis.

Caranya kita memang harus signup dulu atau daftar untuk mendapatkan akun di situs tersebut. Kemudian harus menyambungkan akun dengan rekening bank atau kartu kredit yang dimiliki. Setelah itu maka kita sudah siap untuk mengirimkan uang ke tujuan kita. 

Kelebihannya adalah kita tidak perlu beranjak kemanapun, segala settingan dan pekerjaan yang saya sebut di paragraf sebelumnya bisa dilakukan melalui komputer, laptop bahkan melalui smartphone sekalipun. Jadi selain praktis tapi juga efisien. 

Kelebihan lain adalah karena biaya pengiriman dihitung dengan presentase dari total uang yang dikirim dan biayanya lebih murah daripada dua pilihan diatas. Namun memang ada kekurangan juga, karena transfer melalui dua aplikasi ini membutuhkan waktu cukup lama. Misalnya untuk pengiriman sebesar 100 di Wise membutuhkan waktu hingga 2 hari, lebih dari itu jumlahnya bisa 3-5 hari.

Namun jika transaksi ini sering dilakukan, maka kirim uang dari Amerika ke Indonesia dengan cara terakhir ini adalah pilihan yang paling menarik.

Diantara dua aplikasi ini, pilihan favorit saya adalah melalui Wise. Alasannya karena
  • biayanya lebih murah dibanding Paypal, Moneygram, Western Union. Apalagi saya juga kirim uang untuk kebutuhan keluarga, personal dan jumlahnya tidak terlalu banyak.
  • Exchange rate nya lebih manusiawi. Saya sudah coba layanan lain exchange rate nya jauh dibawah Wise. Jadi meskipun kelihatannya layanan lain biayanya lebih murah tapi uang yang diterima lebih sedikit.



DAFTAR WISE DISINI

Jika anda juga ingin kirim uang buat keluarga dari Amerika ke Indonesia maka segeralah buat akun di transferwise di link ini, dan nikmati kemudahan mengirim uang ke keluarga dengan aplikasi yang mudah.

Cara Menggunakan Wise

Menggunakan Wise itu mudah dan bisa melakukan transaksi secara mudah dan prktif. Nah untuk menggunakan Wise ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

  1. Memiliki rekening di Bank Amerika. Pastikan anda memiliki akun di bank lokal di Amerika Serikat. Banknya bisa apa saja, misalnya di negara bagian Ohio, Chase Bank adalah salah satu bank terbesar. Sementara di negara bagian West Virginia, United Bank adalah bank yang luas dipakai. Untuk di kota-kota besar, Bank of America juga banyak dipakai. Akan sangat bergantung dimana anda tinggal. 
  2. Membuat akun di Wise. Anda membuat akun di Wise, bisa klink link ini. Pastikan nama yang anda buat sama dengan nama yang ada di rekening bank. Karena itu terkait dengan poin selanjutnya.
  3. Sambungkan akun Wise dengan bank atau kartu kredit Anda. Nah untuk bisa menggunakan Wise maka sumber dana harus jelas dari mana. Nah sebelum anda melakukan transaksi maka anda harus menyambungkan akun Wise anda dengan akun bank lokal di Amerika atau kartu kredit anda yang valid. Ada perbedaan antara akun bank lokal dengan kartu kredit, karena biaya kartu kredit lebih besar daripada pake akun bank lokal. 
  4. Tambahkan List Penerima. Maksudnya list penerima adalah recipient dari transfer yang akan dilakukan yaitu bank indonesia yang akan menjadi tujuan transfer kita. Bank ini bisa bank kita sendiri atau bank orang lain. 
  5. Anda sudah bisa mulai Mengirim Uang dari Amerika ke Indonesia. Setelah langkah kelima ini maka anda sudah bisa mengirim uang dari Ameria Serikat ke Indonesia. Biasanya proses akan berlangsung dalam beberapa jam hingga satu hari. Pengalaman saya prosesnya cepat dan biayanya sangat hemat. Jadi uangyang dikirim tidak banyak berkurang. 
Saya sudah menggunakan Wise selama setahun belakangan dan pengalaman saya selalu baik dan memuaskan dengan aplikasi ini. Bagi anda yang ingin kirim uang dari Amerika ke Indonesia secara rutin, maka aplikasi Wise ini sangat saya rekomendasikan.

Terakhir, aplikasi ini juga bisa dipake di smartphone, sehingga proses kirim uang dari Amerika ke Indonesia menjadi sangat mudah dan dilaksanakan dalam hitungan jari, hanya dengan pencet-pencet touchscreen saja.

Oke sekian dulu yang mau saya share, semoga bermanfaat.

Tambahan dan Catatan Kaki

Meski diatas saya sangat merekomendasikan Wise sebagai salah satu aplikasi yang sangat bagus untuk mengirim uang dari luar negeri, terutama AS, ke Indonesia. Terutama dari segi exchange rate, dimana Wise memberikan nilai tukar yang relatif diatas aplikasi yang lainnya.

Namun kemudian saya menemukan bahwa Wise pun memiliki kekurangan yaitu disaat waktu sibuk seperti libur panjang seperti libur Idul atau akhir pekan, ternyata kecepatan proses pengiriman menjadi lebih lambat. Pengalaman saya Idul Fitri kemarin mau kirim uang ke Indonesia butuh waktu hingga 5 hari, meskipun saya yakin dalam prakteknya bisa lebih cepat. Namun tentunya itu bukan janji yang menarik.

Oleh karena itu saya juga mencoba aplikasi lain, dan ternyata Western Union lumayan cepat sampai, hanya dalam hitungan menit meskipun saya kirim uang diminggu terakhir menjelang lebaran kemarin. Kelebihan lain dari Western Union adalah exchange rate nya juga tidak terlalu jauh dibanding Wise, meskipun tetap Wise juaranya. Untuk membagi pengalaman saya menggunakan Western Union silahkan cek postingan saya di link Western Union, Cara Lain Mengirim Uang Dari dan Keluar Negeri.

Terima kasih

Tulisan lain terkait Beasiswa


Proses Seleksi Beasiswa Fulbright

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung