Faktor apa saja yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi? Dan bagaimana perkekmbangan ekonomi secara umum? Beberapa poin ini saya dapatkan di kelas minggu lalu. Bahwa ada beberapa model yang mencoba memprediksi perkembangan ekonomi sebuah negara.

Jika kita lihat data perkembangan ekonomi secara umum, dilihat dari GDP per capita, dunia ini memiliki perkembangan signifikan dalam konteks perkembangan ekonomi. Namun perkembangan ekonomi ini berjalan secara tidak merata antara satu daerah dengan daerah lain. Efeknya dalam jangka panjang, terjadi ketimpangan ekonomi antara satu wilayah dengan wilayah lain.

Semakin lama waktu berjalan perbedaan itu semakin menganga dan membesar sehingga membuat perbedaan signifikan kondisi ekonomi satu negara dengan yang lain. Di kelas kami sebut itu sebagai great divergence. Yang menarik banyak perdebatan dan teori yang muncul mencoba menjelaskan penyebab perbedaan besar itu dan bagaimana cara memperbaikinya. Perbedaan pandangan itu juga terkait dari model mana yang dipakai untuk menganalisa dan memprediksi perkembanga ekonomi suatu negara.

Secara sederhana bisa kita lihat ada dua perkembangan penting soal model ini yaitu model Harrod-Domar dan Solow Growth Model. Dua model ini memiliki persamaan tapi juga perbedaan yang signifikan. Harrod Domar melihat labor dan kapital sebagai dua faktor utama, sementara Solow menambahkan selain kedua hal itu juga yaitu ide serta penggunaan teknologi.

Poin lain yang juga perlu saya sampaikan disini adalah faktor penting lain yang bisa digenjot untuk mendapatkan pertumbuhan ekonomi. Termasuk juga diantaranya adalah faktor pendorong terjadinya perangkap kemiskinan (poverty trap). Jikapun bisa keluar dari situ negara belum tentu bisa nyusul masuk ke kelompok negara maju, karena ada perangkap yang lain yaitu Middle Income Trap (perangkap negara berkembang).

Jadi soal divergensi ekonomi, atau soal konvergensi kesejahteraan ini memang pelik dan tidak ada jawaban pasti. Karena masing-masing negara memiliki keunikan dan tantangan masing-masing yang solusinya tidak bisa sama, satu resep. No one size fits all, teori mencoba mengambil benang merah dan berusaha menjelaskan tapi fakta di lapangan bisa memberikan kerumitan yang jaug lebih sulit untuk dijabarkan.

Minggu lalu saya sempat membuat video soal beberapa hal ini silahkan dicek di link di bawah ini. Semoga bermanfaat.


Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung