Bahaya dari rokok sudah tidak menjadi rahasia lagi karena setiap orang mengetahui adanya zat-zat beracun yang terkandung pada rokok. 
Namun, sangat miris melihat fakta yang ada di lapangan bahwa betapa pun sudah gencarnya peringatan untuk tidak merokok dilakukan, tetap saja rokok menjadi primadona bagi masyarakat. 
Mereka abai terhadap fakta-fakta berbahaya tentang rokok, dan mereka abai juga terhadap orang di sekitar mereka yang juga terkena dampak asap rokok. 
Nah, ada 2 hal yang perlu ditanamkan kepada anak-anak Anda sebagai langkah nyata pencegahan anak dari merokok. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan:
1. Kesehatan itu harta terbesar dalam hidup
Tanamkan pada diri anak bahwa kesehatan merupakan hal yang patut dijaga karena harta paling berharga adalah kesehatan itu sendiri. 
Bayangkan jika kita punya uang berjuta-juta, tetapi kita sendiri tergolek lemas tak berdaya karena sakit, maka kita tidak bisa menikmati uang tersebut. 
Dengan memiliki kesehatan yang prima, maka kita bisa melakukan apa pun yang kita mau, pergi ke mana pun yang kita inginkan, dan menjadi apa pun yang kita impikan. 
Pemahaman tentang pentingnya kesehatan ini akan membuat anak semakin menghargai arti sebuah kesehatan, dan tentu saja mereka akan menjauhi hal-hal yang dapat mengganggu dan merusak kesehatan mereka termasuk merokok. 

2. Rokok itu pembunuh
Berikan pengertian dan penjelasan pada anak bahwa rokok itu benda kecil namun dampaknya besar. 
Terangkan zat-zat berbahaya apa saja yang terkandung dalam rokok dengan bahasa sederhana yang bisa dimengerti mereka. 
Berikan contoh-contoh konkret mengenai akibat yang disebabkan oleh rokok agar anak semakin paham dan semakin memiliki pemikiran bahwa rokok itu memang tidak baik. 
Tidak berlebihan juga jika mengatakan langsung kepada anak bahwa rokok itu pembunuh karena memang efek terfatal dari rokok adalah kematian.
Nah, dengan menanamkan dua hal sederhana di atas kepada anak, Anda telah memberikan sebuah pelajaran yang luar biasa pada mereka. Pelajaran tentang arti kesehatan dan tentang betapa bahayanya rokok sehingga anak tidak akan pernah berkeinginan untuk mencoba.

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung