Salah satu diantara tiga jurus utama menghadapi pandemi COVID-19 adalah menggunakan masker. Dua yang lain adalah rajin mencuci tangan dan jaga jarak aman. Memakai masker penting untuk mencegahk penularan, berbagai studi menunjukkan bahwa masker efektf untuk mencegah penyebaran karena bermasker melindungi orang dari semburan yang bisa menjadi sumber penularan.

Mari memaskai masker dengan disiplin setiap kali keluar dari rumah atau saat ngobrol berdekatan dengan orang lain. Memakai masker berarti menjaga diri sendiri dan juga menjaga orang lain. Berbagai studi menunjukkan memakai masker bisa mencegah penularan hingga menjadi hanya 15%.

Banyak kelompok masyarakat yang sudah melakukan kampanye ini. Muhammadiyah melalui MCCC sudah mendistribusikan lebih dari 400 ribu masker sejauh ini kepada masyarakat luas. Dan ke depan akan mendistribusikan lebih banyak lagi masker setidak nya 500 ribu yang sekarang sudah disiapkan untuk dibagikan.

Selain membagikan masker yang sudah dilakukan juga adalah melalui KIE ke masyarakat luas dengan kampanye langsung di lapangan. Sejauh ini sudah banyak di daerah yang melakukan edukasi ini. Begitu pula di medsos melakukan kampanye #maskerkainmuhammadiyah #100JutaMaskerChallenge

Tema ini dibahas di BNPB kemarin. Bagi yang ingin menyimak silahkan cek di link di bawah ini.

Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung