Apakah manfaat vaksin COVID-19? Apakah efek dan bahaya suntik vaksi. COVID-19? Bagaimana efektifitas Vaksin COVID-19? Apa efek samping vaksin covid-19 terbaru? Benarkah Vaksin mencegah penyakit Beberapa pertanyaan ini sering muncul dan membuat sebagian orang semakin bersemangat atau sebaliknya semakin malas ikut program vaksinasi COVID-19. Lalu bagaimana untung Rugi vaksin COVID-19? mari kita bedah di video ini. 

Pada dasarnya efek samping dari vaksin COVID-19 itu rendah dari berbagai data pengujian klinis dan data yang ada di Indonesia, semua vaksin itu relatif sudah teruji keamanannya. Karena semua vaksin sudah lulus uji klinis tahap 1 dan sudah mendapatkan Emergency Use Authorization dari lembaga kesehatan seperti WHO. Betul bahwa masih ada risiko efek samping namun biasanya sangat ringan dan aman sehingga bisa diantisipasi. 

Data laporan Komite KIPI (Kejadian Ikutan Paska Imunisasi) di Indonesia hanya menunjukkan 299 kasus yang dilaporkan terjadi efek samping pada vaksinasi COVID-19. Pun kasus yang dilaporkan masuk pada kategori ringan. Sementara di Indonesia sudah lebih dari 40 juta orang yang divaksin. Sehingga presentasi terjadinya efek samping sangat minim.

Di sisi lain data dari kementerian kesehatan menunukkan bahwa 94% kasus yang meninggal di Indonesia adalah karena belum divaksin. Data di US juga menunjukkan statistik yang mirip bahwa 99% orang yang meninggal dan mengalami situasi COVID-19 yang buruk, adalah mereka yang belum divaksin. 

Jadi masih banyak alasan kuat yang bisa kita ambil mengapa perlu ikut program vaksinasi? Karena vaksin bisa memberikan perlindungan kita dari kasus COVID-19 yang parah sehingga bisa melalui proses infeksi dengan baik. Jika beruntung mungkin sama sekali tidak akan bergejala. 

Selengkapnya silahkan cek di video saya. 


Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung