Bagi yang sudah ketagihan, merokok sudah pasti terasa nikmat. Setiap kepulan asap yang mereka hisap dan sensasi yang mereka rasakan terasa sulit untuk dilepaskan. Itulah kenapa banyak perokok yang sangat sulit lepas dari jerat rokok. Namun apa sebenarnya yang membuat rokok begitu adiktif? Jawabannya adalah kandungan nikotin yang ada di dalamnya. Nikotin inilah yang membuat para perokok kecanduan.

Besarnya tantangan untuk lepas dari jerat rokok memang sangat dipengaruhi oleh banyaknya nikotin yang sudah masuk ke dalam tubuh. Semakin banyak nikotin yang masuk ke dalam tubuh, semakin sulit untuk lepas dari ketergantungannya. Namun meski sulit, bukan berarti tak ada kesempatan untuk lepas dari ketergantungan rokok. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk lepas dari ketergantungan dan mendapatkan kehidupan yang jauh lebih sehat. Berikut ini adalah beberapa cara ampuh untuk bisa berhenti merokok.

1. Mengubah Mindset. Sukses tidaknya upaya Anda untuk berhenti merokok semua itu sangat bergantung pada niat dan komitmen Anda. Namun bagi perokok berat, umumnya mereka memiliki pandangannya tersendiri terkait dengan rokok yang menghambat usaha rokok untuk lepas dari jerat rokok. Untuk itu, Anda harus ubah mindset Anda terhadap rokok. Alih-alih membayangkan betapa nikmatnya merokok, ubah mindset ini menjadi seberapa banyak uang yang Anda bakar untuk setiap batang rokok yang Anda hisap.

2. Puasa. Sebagian besar agama di dunia memiliki tradisi berpuasa. Namun di luar unsur kepercayaan dan kewajiban dalam ajaran agama, puasa terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, khususnya terkait dengan detoksifikasi. Bagi Anda yang beragama Islam, pastinya Anda pernah berpuasa Ramadhan bukan? Jika Anda berhasil melalui puasa Ramadhan, sebenarnya Anda memiliki kemampuan untuk berhenti merokok. Jadi cobalah untuk berpuasa merokok.

3. Membangun grup. Lingkungan sangat mempengaruhi sukses tidaknya usaha Anda untuk berhenti merokok. Karena itu jika Anda sudah memutuskan untuk berhenti merokok, bangunlah lingkungan yang kondusif untuk mendukung usaha Anda. Cobalah untuk bergabung dengan grup yang berisi orang-orang yang sangat peduli dengan kesehatan. Jika memungkinkan, Anda juga bisa membentuk grup yang menjadi wadah bagi mereka yang ingin berhenti merokok. Dengan berada di lingkungan yang positif, motivasi Anda untuk berhenti merokok pasti akan tumbuh berlipat ganda.

Jika sudah menjadi pecandu rokok, memang tidak mudah untuk lepas dari kebiasaan ini. Akan tetapi selama ada niat kuat, dukungan dari orang-orang dekat, lingkungan yang tepat dan usaha yang tak pernah berhenti, lepas dari jerat rokok bukanlah hal yang mustahil.

Selamat mencoba!

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung