Jika dilihat materinya, rasanya tidak ada yang benar-bemar baru dari Jokowi. Sebagian argumen beresonansi dengan inti yang disampaikannya sebelum menjadi petahana. Soal konsep e-government, efisiensi birokrasi, dan investasi di pertahanan pernah kita dengar di debat sebelumnya. Janji-janji seperti itu sudah kita dengar dari sejak pilgub dki, pilpres yang pernah Jokowi sampaikan.

Yang membedakan adalah penguasaan detail karena seharusnya seperti itulah keunggulan dan kelebihan petahana. Punya banyak akses data.

Namun secara luasa rasanya tidak ada yang benar-bena baru. Dan karenanya poin itu sebetulnya bisa jadi poin masuk buat penantang untuk mengkontraskan antara janji dan realisasi. Apakah konsep-konsep yang tidak baru itu terejawantah dalam pelaksanaan dan sepak terjang petahana.

Sayangnya Prabowo tidak juga memberi alternatif yang meyakinkan. Narasi kekurangan anggaran, perlunya pertahanan yang kuat, dan soal akutnya masalah korupsi sama-sama diakui dua pasangan. Tapi alternatif yang ditawarkan terasa mengambang dan tidak jelas.

Tawaran mengubah sistem, menambal kebocoran anggaran baru sebatas gagasan, tidak tercermin sebagai pilihan solusi. Gampangnya saja, misal soal pertahanan Prabowo bisa lebih meyakinkan jika bisa sebut angka yang dibutuhkan, atau presentase. Lebih kuat lagi jika bisa menunjukkan mau ambil anggaran darimana?

Sekilas terkesan terdengar seperti panelis ketiga. Karena capres secara praktis hanya bertanya dan mempertanyakan, tawaran konsep? Kurang jelas. Capres Prabowo seakan terkungkung oleh strategi dan narasinya sendiri.

Namun seperti juga debat sebelumnya, hal seperti ini tidak akan berpengaruh pada para pemilih ideologis yang sudah menentukan pilihan. Debat ini tidak ngaruh ke pendukung petahana di 01, pendukung penantang 02, juga pendukung Golput yang sudah yakin tidak mau / memilih diantara dua pilihan.

Tapi bagi para pemilih di kelompok masa mengambang, debat bisa jadi pengaruhnya cukup kuat. Bisa jadi menggeser dukungan ke salah satu pasangan. Kalo dilihat dari sekedar penguasaan isu di debat saja, sudah tahulah siapa yang tampil lebih baik di debat seri ini?

Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung