Depresi adalah kata yang agak sering didengar baru-baru ini. Dan yakin kalo itu sebetulnya dialami banyak orang sebagai perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang. Cek link pengantar dari wikipedia ini lumayan memberi gambaran apa itu depresi

Dan yang sering kita tidak sadari bahwa kondisi itu wajar yang artinya banyak orang yang berisiko mengalaminya. Dalam video yang saya share dibawah ini, disebut bahwa risiko depresi itu bisa terjadi pada satu dari dua orang atau sekitar 50%. Ini adalah kondisi yang banyak dialami banyak orang. Dan saya, anda atau siapapun bisa jadi salah satunya.

Salah satu penyebabnya yang paling utama adalah perubahan kondisi dalam hidup yang bisa dialami banyak orang. Dan seringkali perubahan itu tidak sesuai dengan harapan dan menimbulkan berbagai macam perasaan dan kondisi negatif yang berbahaya bagi kesehatan fisik maupun mental. Hal ini kemudian membuat galau dan berujung pada banyak hal yang tidak menguntungkan secara kesehatan

Namun saya nggak mau bicara soal apa dan penyebabnya. Saya dapat kiriman video soal 6 cara yang bisa dilakukan saat untuk mengurangi risiko depresi. Dan karena ini menarik dan penting ada baiknya saya share ya. 

Oke inilah 6 cara itu  :

  1. Kegiatan Fisik. 
  2. Konsumsi makanan sehat. 
  3. Sinar matahari. 
  4. Pola Tidur yang sehat
  5. Kurangin Anti Rumanitif
  6. Social Connection.
Kira-kira begini penjelasannya. 

Kegiatan Fisik itu sebetulnya hal yang sering dilakukan oleh manusia di zaman baheula. Dulu rata-rata orang berolahraga hingga 4 jam dan banyak melakukan aktifitas fisik. Salah satu manfaat dari kegiatan fisik adalah produksi enzim dopamin yang berfungsi baik untuk mengurangi stress dan bahkan disebut hormon anti stres. Hormon ini bisa didapat dengan aktifitas fisik dan juga dengan olahraga. Singkatnya ia akan membuat badan lebih sehat dan tubuh lebih relaks bebas dari stres.

Konsumsi makanan sehat. Di video itu disebutkan perlunya konsumsi omega 3 yang tidak diproduksi oleh tubuh. Sehingga perlu asupan dari luar. Banyak manfaat dari zat ini yang bisa didapatkan dari berbagai macam makanan. Kalo saya lihat sih ini ada kaitannya dnegan pola makanan seimbang. Semakin tubuh kita mendapatkan makanan yang bermacam-macam yang bisa memenuhi kebutuhan tidak saja protei, tapi juga lemak, serat, vitamin dan banyak zat lain maka sehat dari dalam juga sehat dari luar. Seperti jika kekurangan sayuran, atau buah juga pada akhirnya bisa berpengaruh pada kesehatan pikiran.

Sinar matahari. Ini ada kaitannya dengan keuntungan secara fisik dari kandungan sinar matahari juga soal jam circadian yang ada dalam tubuh. Tubuh kita memliki jam biologis yang harus disesuaikan secara terus menerus dan sinar matahari bisa melakukan itu. 

Selanjutnya soal pola tidur yang sehat ini sudah banyak dipahami. Dan ada banyak hal yang bisa berpengaruh yang bisa menentukan sehat pola tidur kita. 

Kurangin Anti Rumanitif, artinya berpikir tentang masa lalu. Yang lalu biarlah berlalu supaya jadi pelajara, tapi harus diikhlaskan karena tidak akan bisa diubah. Harus move on!! Caranya ya dengan melakukan banyak aktifitas yang engaging. Yang benar-benar bisa menyibukkan pikiran kita dari pikiran-pikiran yang tidak jelas.  

Dan terakhir tentunya Social Connection. Saya melihat semua masalah psikologis itu ada pengarunya dengan kehidupan sosial dan kaitannya juga dengan kesehatan jiwa termasuk terhindar dari perasaan sepi. Maka lingkaran sosial itu penting. 

Saya tidak sempat menuliskan beberapa poin penting dari 6 hal itu. Anda bisa lihat lebih jelas di link video nya langsung di bawah ini. 

Jika ada konten bagus, ada baikknya kita bantu share. Selamat menjalankan. 


Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung