Jauh dari keluarga inti adalah salah satu hal yang sangat berat terutama yang sudah berkeluarga dan punya anak. Namun membawa keluarga saat studi ke luar negeri juga bukan hal yang mudah karena banyak sekali aturan dan persiapan yang harus kita persiapkan. Mengapa karena struktur sosial negara kita berbeda. Juga karena ada berbagai syarat administratif yang harus dipenuhi. 

Hampir semua negara tidak mau menerima warga baru jika hanya menambah beban. Misalnya jika warga baru itu tidak punya bekal (uang) yang cukup atau bahkan tidak punya rencana tempat tinggal yang jelas. Alih-alih membantu malah bisa membebani negara. Meskipun banyak studi yang menunjukkan juga bahwa imigran itu jika masih produktif justru akan membantu menggerakkan ekonomi negara. Kita bisa lihat para pekerja di bawah tangan di US yang menjadi penopang banyak restoratn dan industri jasa di US. 

Namun postingan ini tidak akan terlalu jauh membahas itu. Saya pernah share tulisan soal Fulbright : 4 Hal Penting Untuk Ajak Keluarga Ke Luar Negeri bagi mereka yang akan membawa keluarga ke Amerika Serikat silahkan meluncur ke link tersebut. Saya juga coba riset bagaimana jika kita kuliah di Australia dan ingin membawa keluarga kesana. Dari hasil riset itu saya mendapatkan beberapa data berkut :

Membawa Keluarga Ke Australia

Ini video yang sangat informatif soal membawa keluarga ke Australia.


Dari video mba Ulfah diatas ada beberapa dokumen yang harus kita siapkan untuk membawa keluarga ke Australia yaitu:
1. Form isian untuk membawa anak
2. Pas foto berwarna 4x6
3. Fotokopi akta nikah yang sudah dilegalisir
4. Copy akta lahir anak yang sudah dilegalisir
5. Copy visa studen penerima beasiswa
6. Fotokopi passport dependent
7. Fotokopi kartu keluarga yang dilegalisir
8. Bukti asuransi OSHC yang mengcover keluarga
9. Bukti surat penerimaan anak sekolah di Aussie (jika ada anak usia sekolah)
10. Bukti keuangan keluarga
11. Bukti Health Assessment Portal

Diantara daftar ini, yang paling menantang untuk disiapkan adalah nomor 8 dan nomor 10 karena keduanya berkaitan dengan duit. Seperti saya sampaikan diatas bahwa salah satu kebijakan keimigrasian adalah untuk memastikan orang yang datang memiliki cukup uang untuk memulai hidup di negeri orang. Dan keuangan keluarga atau di tempat lain disebut dengan deposit ini menjadi hal yang sangat penting. 

Sementara asuransi juga tidak kalah penting bahkan menjadi syarat karena sistem kesehatan di negara maju biasanya sudah full bertumpu pada sistem asuransi dimana setiap orang harus punya premi atau mendapatkan jaminan pemerintah dengan membayar asuransi. Sehingga jika sewaktu-waktu sakit, tidak perlu merogoh kocek sendiri karena biayanya akan sangat mahal. Jadi asuransi kesehatan sangat penting sebagai modal hidup di negeri maju.

Saya pernah cek ke salah satu kampus berapa uang untuk bisa tahu asuransi yang dibayar sekeluarga. Nah, jika ke Curtin maka ada 5 Provider OSHC. Dan berdasarkan quote yang saya dapat per 7 Juni 2021, maka perkiraan asuransi untuk 40 bulan (untuk program PhD) adalah sebagai berikut:
  1. Allianz sebesar AUD 22870 atau 252 juta
  2. AHMOSHC sebesar AUD 24887 atau 274 juta
  3. BUPA OSHC sebesar AUD 26281 atau 290 juta
  4. Medibank sebesar AUD 455 per bulan atau AUD 26874 atau 296 juta
  5. NIB Sebesar AUD 25300 atau 279 juta
Tapi saya juga ada sumber lain disini https://oshcaustralia.com.au/quote/saved/d4d4ee5aae0d3ab84710b8d571e48670yang lebih menggembirakan dengan asuransi yang lebih sedikit dari AUD 9316 - 21968 atau antara 103 - 242 juta. Dari sekian penyedia asuransi yang ada, Allianz memang masih yang paling murah. Namun yang ini saya buat perhitungan berdasarkan masa tinggal 3 tahun dari Januari 2023 - Desember 2025. 

Soal mengurus visa dan kehidupan di Australa bisa cek juga artikel berikut ya:
  • https://dikopertis3.wordpress.com/2009/10/07/mengurus-visa-dependent/ 
  • https://dikopertis3.wordpress.com/2009/10/07/upgrade-oshc-family-rate/ 
  • https://dikopertis3.wordpress.com/category/living/page/2/  
  • https://diswandi.wordpress.com/2013/11/02/njemput-keluarga/ 
  • https://id.quora.com/Berapa-biaya-yang-perlu-dipersiapkan-apabila-ingin-membawa-keluarga-pasangan-dan-anak-untuk-ikut-menemani-selama-studi-di-Australia 
  • https://www.youtube.com/watch?time_continue=407&v=DQiyHTmr9MQ&feature=emb_logo

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung