Dalam setahun ini WHO membuat kampanye #committoquit untuk mengajak 100 juta perokok berjanji untuk berhenti merokok. Dan target di Indonesia ada 10 juta perokok yang ikut dalam kampanye ini dengan mengutarakan niat untuk berhenti. 

Apakah target ini bisa dicapai dengan mudah? Belum tentu. Karena meski target ini tidak muluk-muluk, hanya meminta 100 juta perokok untuk berjanji berhenti merokok, namun dalam pelaksanaannya perlu upaya yang lebih serius. 

Perilaku merokok adalah kebiasaan yang didorong oleh adiksi terhadap sebuah zat, yaitu nikotin. Dan seperti upaya untuk berhenti dari zat adiktif yang lain, tidak cukup hanya dengan tahu dan punya niat, namun perlu dukungan lingkungan yang kondusif dan upaya yang persisten. 

Dan untuk melakukan ini, perokok perlu dorongan dari orang-orang terdekatnya dari mulai pasangan, orang tua, adik, kakak, pacar, sahabat dan anak-anak yang dicintai. Karena latar belakang ini kemudian muncul gerakan #pejuangantirokok untuk mendukung orang-orang tersayang berhenti merokok. 

Sekilas saja soal itu, saya coba membahas dengan tidak serius di link berikut :

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung