Oldtown Alexandria berada di Virginia di dekat sungai Potomac yang dekat dengan Washington DC. Saya kesana di minggu-minggu terakhir keberadaan saya di Amerika Serikat.

Oldtown Alexandria merupakan salah satu daerah atraksi wisata yang menarik karena jika dilihat dari beberapa data pendapatan yang didapatkan oleh daerah ini cuku besar dengan mengandalkan potensi wisata. Untuk menikmati suasana santai dan penuh keakraban anda bisa datang kesini jika melancong ke Washington DC dan daerah sekitarnya.

Satu hal yang menarik dari perjalanan kesitu adalah betapa pariwisata dan turisme bisa menjadi roda penggerak ekonomi. Kunjungan wisatawan baik lokal, regional maupun internasional memiliki efek positif (eksternalitas positif) berupa menjamurnya bisnis kuliner dan penginapan untuk mengakomodasi para pengunjung. Potensi seperti ini bisa dimaksimalkan jika pariwisata bisa dikembangkan dengan pengelolaan yang matang dan pengaturan yang strategis.

Tourism sebagai penggerak pembangunan adalah isu menarik apalagi di tengah meriahnya pemerintah seperti di Indonesia yang berusaha menggenjot industri kreatif dan jasa sebagai lokomotif pembangunan. Indonesia dan terutama pemerintah daerah bisa belajar dari daerah seperti ini dalam pengelolaan sumber daya ini. Ditambah lagi pariwisata sebagai roda pembangunan lebih sustainable dibanding sumber daya yang lain. Namun tentunya untuk mewujudkan itu perlu didukung dengan visi kepala daerah yang kuat dan perencanaan matang.

Singkat saja, silahkan cek vlog saya di bawah ini soal Old Town, Alexandria, Virginia.


Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung