Jasa para pahlawan dan para veteran di negara manapun tidak ternilai karena mereka berjuang dalam kondisi krisis untuk mempertahankan kedaulatan negara dari penjajahan atau serangan musuh. Atau juga untuk membebaskan negeri dari tirani penjajahan dan eksploitasi bangsa lain. Meskipun ada juga veteran perang yang gugur karena negaranya melakukan invasi dan akuisisi wilayah dan daerah teritori negara lain.

Namun dalam setiap pertempuran seseorang sejatinya akan berada dalam dua sisi yang berlawanan. Di satu sisi akan disebut sebagai pahlawan karena melakukan pembelaan terhadap kepentingan atau justru sebaliknya akan disebut sebagai agressor karena merebut dan melakukan kekerasan yang tidak semestinya. Para prajurit bagi negaranya adalah pahlawan, sementara di sisi lain juga akan disebut sebagai penjajah atau agresor. Dua sisi koin yang sama sekali berbeda.

Namun bukan itu yang ingin saya tekankan disini, beberapa waktu lalu saya mampir ke Arlington National Cemetery, salah satu taman makam pahlawan yang sangat terkenal di Amerika Serikat. Taman Makam Pahlawan Arlington terletak di Arlington, Virginia. Namun secara lokasi tempatnya berada dekat di semenanjung sungai Potomac di Washington DC. Ini adalah salah satu taman makam pahlawan yang luas hingga lebih dari 200 hektar. Nama resminya adalah Arlington Miltary Cemetery, yang didirikan di masa perang sipil Amerika Serikat.

Taman makam pahlawan ini terdiri dari 70 bagian dan yang dikuburkan disini adalah anggota militer yang gugur sejak perang sipil hingga perang-perang setelahnya. Yang paling menarik disini juga dimakamkan beberapa tokoh nasional seperti Presiden William Howard Taft, Presiden John F. Kennedy, Senator Robert 'Bob' Kennedy, Senator Edward M 'Ted' Kennedy, Jenderal John J. Pershing. Yang paling menarik tentu makamnya Presiden John F. Kennedy yang dihias secara khusus dan menjadi salah satu atraksi bagi para pengunjung yang datang ke tempat ini.

Yang menarik bahwa taman makam pahlawan disini juga dimaksimalkan sebagai tempat edukasi bagi generasi muda untuk tahu apa yang mereka perjuangkan dan harga dari pengorbanan para pendahulu. Setiap pelajar yang berkunjung kesini bisa memahami dengan lebih baik siapa dan bagaimana pengorbanan para pahlawan atas apa yang mereka nikmati sekarang. Bahkan selain pelajar dan mahasiswa, para pengunjung dewasa dan turis baik domestik maupun internasional datang kesini.

Tentu salah satu faktornya adalah pengelolaan taman makam pahlawan yang rapi dan juga persepsi yang baik soal kepahlawanan yang ditanamkan di lembaga pendidikan. Berkunjung ke tempat seperti ini menarik karena lahan parkir yang luas, space parkir bus yang juga representatif, bahkan disediakan pula sarana transportasi khusus berupa kendaraan tour yang mengitari spot-spot penting di area pemakaman ini. Semua fasilitas itu membuat orang merasa nyaman berkunjung ke kuburan, eh ke taman makam pahlawan.

Terakhir, saya mengambil beberapa video dari tempat ini dan membuatnya menjadi postingan di vlog saya di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung