Dalam postingan lain saya merekomendasikan Transferwise sebagai salah satu cara paling mudah dan praktis mengirimkan uang ke luar negeri (cek artikel saya berjudul Sharing Cara Kirim Uang dari Amerika Ke Indonesia). Misalnya bagi mereka yang sedang sekolah atau bekerja di luar negeri. Kelebihan dari transferwise adalah kursnya yang relatif lebih tinggi dibanding dengan layanan pengiriman uang yang lain. Sehingga uang yang dikirim jumlahnya tidak banyak berkurang terambil biaya proses pengiriman.

Namun tentunya tidak semua produk itu sempurna. Menggunakan Transferwise kadang memiliki kendala delay dan butuh waktu lebih karena stransaksi tetap melalui mekanisme bank. Jika pada saat normal transaksinya bisa lancar dan cepat, namun jika transaksi dilaksanakan dengan dekat dengan hari libur, hari libu nasional atau liburan panjang seperti musim idul fitri, prosesnya memakan waktu lebih lama. Karena jam operasional bank biasanya ikut tutup di hari-hari itu. Sehingga urgency dan ketepatan waktu menjadi kendala.


Penyebabnya karena Transferwise melakukannya dengan memanfaatkan selisih nilai tukar antar mata uang. Uang yang dikirim dari sini di US misalnya, tidak betul-betul uang yang dikirim dari US, tapi uang member transferwise yang ada di Indonesia yang mau dikirim ke negara lain. Jadi dia tidak melakukan penukaran sejatinya tapi lebih mengubah pencatatan. Dan dalam hal ini bank terlibat sangat penting.

Nah jika ini terjadi ada alternatif lain yang juga cukup mudah untuk dilakukan, Yaitu dengan menggunakan jasa pengiriman uang Western Union. Diantara kelebihan dari Western Union yang bisa menanggulangi masalah di atas adalah bisa mengirim uang dalam banyak alternatif yaitu melalui pengambilan uang secara langsung cash ke gerai western union biasanya melalui Kantor Pos yang menyediakan layanan ini. Dan kita tahu biasanya kantor pos atau gerai Western Union lebih fleksible jam buka kantornya.

Terlebih lagi Western Union juga sudah bisa transfer ke rekening tujuan di negara asalnya. Bedanya ia tidak hanya melakukan pemindah catatan saja tapi memang melakukan transfer secara langsung. Tidak melibatkan rekening lain. Sejujurnya saya juga kurang paham secara detail kenapa ini bisa terjadi. Namun pengalaman saya saat memasuki masa libur idul fitri di Indonesia, Transferwise membutuhkan waktu hingga seminggu untuk kirim uang, sementara Western Union masih bisa dalam janji 3 hari, itupun dalam prakteknya kita hanya menunggu beberapa jam saja dan uang sudah sampai.

Jadi Western Union memiliki kelebihan juga soal kecepatan waktu dalam pengiriman terutama dalam musim liburan panjang seperti idul fitri seperti saat ini. Jadi untuk kondisi darurat dan mepet, tidak ada salahnya menggunakan layanan aplikasi Western Union untuk kirim uang ke keluarga. Namun soal kurs, tetap Transferwise lebih bagus dibanding Western Union, beda tipis saja. Namun jika mau kirim dalam jumlah yang agak besar, dan tidak mendesak, perlu mikir ulang untuk pake Western Union.




Pelru diperhatikan juga bahwa Western Union menerapkan biaya dan waktu yang berbeda tergantung pada jenis layanan yang diambil sesuai dengan kelebihan masing-masing. Sebagai contoh jika kita mengirimkan uang untuk diterima dalam bentuk cash (pickup cash) kurs yang diterima jauh lebih rendah dibandingkan mengirimkan uang ke rekening. Bedanya bisa dalam hitungan hari. Pun begitu Ini yang saya lakukan pada saat ini ketika transferwise mengirim uang agak lama karena bank banyak yang tutup, maka Western Union bisa diandalkan karena tidak tergantung sama jam buka bank. (Mohon dicek gambar di atas ya).

Sekali lagi jika ingin menggunakan layanan ini, jangan lupa cek kurs nya dan juga biaya kirimnya. Karena perbedaan cara menerima dan juga perbedaan sumber uang yang akan dikirim akan menentukan jumlah kurs, dan harga fee serta lama proses pengiriman.

Jika ada yang ingin menggunakan ini suatu saat segera saja buat akun di link berikut ini ya Western Union

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung