Membagikan penemuan dan riset sendiri itu salah satu kebanggaan bagi seorang akademisi. Salah satunya adalah dengan mengikuti konferensi dengan menjadi pembicara atau penampil poster. Untuk pengalaman seperti ini saya punya pengalaman beberapa kali mengikuti konferensi dan menampilkan poster. Beberapa bahkan diminta sebagai pengisi di satu sesi.

Mayoritas memang temanya sesuai dengan bidang yang saya geluti dalam pekerjaan yaitu advokasi pengendalian tembakau atau advokasi publik soal rokok. Sebelum berangkat ke Ohio University saya pernah mengikuti beberapa konferensi dunia untuk kesehatan paru-paru di beberapa negara seperti di Barcelona dan Cape Town. Selain itu juga mengikuti bbeberapa konferensi di dalam negeri.


Nah di Ohio University ada satu acara namanya Student Expo. Acara ini semacam konferensi internal dimana semua mahasiswa bisa menampilkan posternya dalam satu ajang untuk berbagi dengan sesama kolega yang memiliki tema riset yang sama. Bagi seorang Bobcats (sebutan mahasiswa OU), mengikuti Student Expo adalah salah satu kebanggan. Di jurusan saya biasanya yang ikut adalah mahasiswa tahun kedua yang didorong untuk berbagi penemuan dari hasil tugas akhir tesis atau capstone project.

Namun meskipun sebagai mahasiswa tahun pertama saya juga ingin ikut berpartisipasi berbagai penelitian atau proses pembelajaran yang saya ketahui selama ini terkait isu rokok di Indonesia. Akhirnya saya membuat poster dan mendaftarkannya ke ajang ini. Beberapa poster jika ingin bisa diikutkan dalam proses penilaian oleh juri. Ada banyak kategori yang bisa diikuti, namun karena masih baru saya hanya mengikutkan poster saya dalam satu kategori.

Dan....

Alhamdulillah, meski sederhana poster saya diberikan penghargaan sebagai pemenang juara pertama untuk kategori poster di kategori International Studies. Lumayan dapat hadiah juga, cukup buat nutupin biaya pulsa dan belanja buat sahur di Ramadhan kemarin hehehe. Wah senangnya. Saya sempat membuat video soal presentasi poster saya tersebut, meskipun dengan bahasa inggris yang masih belepotan. Selamat menyimak dan semoga tahun depan bisa ikut lagi ya....

Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung