Bencana bisa terjadi karena apa saja, salah satunya adalah karena kondisi alam yang berubah karena perubahan cuaca atau perbedaan musim. Itulah yang terjadi di berbagai bantaran sungai di dunia. Banyak sungai yang airnya meluap di waktu-waktu tertentu dan menyebabkan banjir lokal serta membuat orang yang tinggal di dekat sungai itu mengalami kerugian secara ekonomi bahkan hingga korban jiwa.


Nah itu pula yang terjadi di bantaran Sungai Hocking di Athens, Ohio. Sungai Hocking bukan salah satu sungai terbesar di Ohio, namun cukup besar dan panjang untuk memberi risiko bagi para penduduk yang hidup di sekitarnya. Dahulu kala setiap tahunan selalu terjadi banjir musiman di bantaran sungai ini. Dan tentunya banyak sekali kerugian ekonomi dan jiwa dialami oleh masyarakat yang tinggal di sekitar sungai ini.

Namun semenjak pemerintah di Athens melakukan rekayasa dengan mengubah aliran sungai ini mekipun air meluap bencana bisa dikurangi dengan sangat signifikan. Ada beberapa data yang menarik soal rekayasa ini, saya share dalam video saya berikut ini. Selamat menyaksikan....


Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung