Saya share pengelolaan sampah, terutama sampah rumah tangga, di Australia, tepatnya di Kota Logan di negara bagian Queenslan, Australia. Jadi di sini semua rumah tangga harus mengelola sampah sendiri dengan memilah sampah sesuai dengan kategorinya. Sampah di bagi ke dalam tiga kategori yaitu sampah umum, sampah daur ulang dan sampah hijau. 

Setiap minggu pemda akan mengambil sampah dari setiap rumah dengan melakukan pengambilan secara zonasi. Jadi waktu pengambilan bisa hari senin, selasa, rabu dan seterusnya. Di tempat saya, sampah diambil setiap hari Rabu ke setiap rumah. Sampah tinggal disimpan di luar di sisi jalan atau di depan pintu kompleks dan petugas akan mengambil. 

Tidak semua tong sampah diambil setiap minggu. Hanya sampah umum yang akan diambil setiap minggunya. Sedangkan sampah daur ulang dan sampah hijau akan diambil secara bergantian setiap dua minggu sekali. 

Begitu pengalaman saya selama disini. Yang menarik adalah karena proses pengambilan dilakukan dengan petugas yang dibekali dengan peralatan yang canggih, yaitu diberi mobil truk keren sehingga proses pengambilan sampah bisa dilakukan dengan efektif dan efisien. Hanya satu orang yang bertugas namun semua sampah bisa diambil dengan baik.

Silahkan dicek gambarannya di video di bawah ini.

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung