Taman adalah salah satu fasilitas publik yang sangat diperhatikan di Australia. Setidaknya sejauh kami tinggal dalam 6 bulan terakhi di Australia. Pengelolaan dan perawatan taman menjadi salah satu pengeluaran untuk infrastruktur yang cukup besar (lebih dari 50%) sebagaimana bisa dilihat di laporan pengeluaran di salah satu kota di Queensland di bawah ini.  

Pemerintah berbagai kota di Australia sangat sadar betapa pentingnya Taman dan ruang terbuka publik bagi warganya. Fungsi taman di kota-kota sebagai ruang terbuka untuk para warganya berinteraksi, berkegiatan bersama, rekreasi yang juga mendorong pembanguan dan investasi.  





Besarnya anggaran infrasturktur untuk taman tentunya berkaitan dengan banyaknya jumlah Public Park di Australia. Setidaknya hampir di setiap blok perumahan warga ada satu taman kecil untuk warganya melakukan aktifitas. Di beberapa kota di sekitar wilayah kota besar Brisbane seperti di Brisbane City, Kota Logan, atau Kota Gold Coast, jumlah taman kota di masing-masing kota tersebut tidak kurang dari 2000 taman. Rata-rata setiap suburb itu ada 15-20 taman. Jumlah yang cukup banyak.

Biasanya taman itu dilengkapi dengan minimal 3 jenis fasilitas bermain anak, satu atau dua saung atau los, serta biasanya ada instalasi tap water (fasilitas air keran minum) yang bisa digunakan warga. Juga biasanya di beberapa taman disediakan fasilitas berbekiu listrik untuk warganya. Taman ini juga biasanya terbuka untuk umum dan bisa dipakai oleh siapapun sejak jam 7 pagi hingga jam 8 malam. 

Karena itu mengakses taman publik disini sangat mudah karena tidak ada biaya, dirawat dengan baik dan tentunya jaraknya sangat dekat dengan tempat tinggal banyak warga. Saya dan keluarga merasakan kenyamanan ini dan beberapa taman yang dekat ramah sudah saya kunjungi dan nikmati. 

Beberapa video taman di sekitar rumah saya bisa dicek di list video berikut ini Taman Publik di Australia.  Kebijakan seperti ini mengingatkan saya dengan teorinya Paul Rommer soal betapa fasilitas publik seperti taman dan yang lainnya memberikan efek positif pada program pembangunan secara umum. Ruang publik ini memiliki efek positif speerti juga investasi lain yang tidak secara langsung ke ekonomi seperti pendidikan

Jadi untuk membangun ekonomi bisa juga membangunnya dari aspek-aspek lain yang memiliki kontribusi positif untuk membangun warganya. Juga bahwa pembangunan itu bukan hanya soal keuntungan material secara ekonomi langsung tapi juga membangun fasilitas untuk kebahagiaan warganya.

Bahan refelski yang penting untuk melihat bagaimana pembangunan dibangun dan direcnanakan di negara kita. Apakah aspek seperti ini juga diperhatikan atau tidak? Mungkin itu saja dulu, semoga bermanfaat. Semoga semakin diperhatikan ya. 

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung