Sistem kesehatan di Australia

Sistem kesehatan di Australia dianggap sebagai salah satu kesehatan yang baik di dunia. Sistem Kesehatan di Australia memberikan layanan yang berkualitas dan terjangkau untuk warga negara Australia, juga New Zealand dan beberapa negara lain yang memilki perjanjian resiprokal. 

Pada tahun 2016-2017, Australia menghabiskan $181 milliar untuk sektor kesehatan atau sama dengan 10% dari GDP nya Australia. Biaya ini ditanggung secara bersama oleh pemerintah Australia di setiap tingkatan dengan yang terbesar oleh Pemerintah yaitu 41%. 

Pemerintah Australia juga memberikan subsidi untuk layanan kesehatan dan obat-obatan sehingga biayanya bisa ditekani sangat rendah namun dengan kualitas yang baik. Sistem yang terbesar dalam sistem kesehatan di Australia adalah Medicare yang sudah dijalankan sejak tahun 1984 yang berfokus pada layanan kesehatan, rumah sakit publik, dan obat-obatan. 

Aastralia menganut sistem kesehatan yang mixed antara subsidi negara (sistem Medicare) dan asuransi swasta. Namun Medicare ini hanya bisa diakses oleh warga negara Australia, New Zealand, Permanent Resident (PR) atau warga negara lain yang memiliki perjanjian (Belgia, Swedia dan Norwegia). Nah kita yang tidak termasuk ke dalam tiga kategori ini tetap bisa mengakses layanan kesehatan di Australia dengan menggunakan asuransi swasta. 

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan

Ya betul seperti judul headline, di sistem kesehatan manapun asuransi itu penting. Biaya kesehatan adalah salah satu biaya yang cukup besar bahkan bisa menjadi biaya yang membuat orang jatuh miskin (impoverished) atau bahkan bisa menjadi bencana keuangan yang lebih berat lagi (catasthropic). Kenapa seperti ini karena peningkatan biaya kesehatan itu selalu lebih tinggi dibanding kenaikan penghasilan (income). 

Data sederhana saja, inflasi negara itu biasanya naik 5-10%, nah kenaikan biaya kesehatan bisa sampai 20-30% per tahun. Jadi tentu peningkatannya tidak akan tertandingi oleh kenaikan penghasilan. Terutama saat kita berada atau hidup di negara maju yang tentunyna biaya hidupnya, termasuk untuk kesehatan sangat tinggi. Jika tidak memiliki asuransi maka akan sangat kerepotan. 

Asuransi ini membantu meringankan biaya kesehatan karena dia memiliki banyak aspek seperti pooling, dimana asuransi mencoba untuk menghimpun, mengumpulkan dan mengelola dana dari anggotanya untuk memenuhi kebutuhan biaya kesehatan yang dibutuhkan. Ada aspek gotong royong dan saling membantu dalam asuransi.

Jadi tanpa asuransi kesehatan kita akan menanggung biaya yang cukup besar untuk bisa mengkases layanan kesehatan. Sebagai sharing saja, pengalaman saya disini sekali datang ke dokter umum untuk konsultasi maka harus keluar biaya antara $30-100 sekali datang. Tidak sedikit ya. Kalo tidak punya asuransi, pasti berat saudara-saudara.

Apa itu OSHC dan siapa providernya?

Di Australia asuransi kesehatan malah wajib bagi siapapun yang akan datang kesini. Bagi kita para pendatang, termasuk juga mahasiswa luar negeri, disyaratkan untuk memiliki asuransi kesehatan yang disebut dengan Overseas Student Health Coverage (Asuransi Kesehatan Untuk Siswa/Mahasiswa Internasional). Tanpa OSHC, aplikasi visa kita tidak bisa diproses karena ini jadi salah satu syarat diberikannya visa. 

OSHC memberikan mahasiswa internasional coverage yang serupa dengan Medicare yang dimiliki oleh kebanyakan warga Australia. Sehingga jika memiliki OSHC maka kita bisa mengakses layanan kesehatan yang serupa dengan warga yang memiliki Medicare.

OSHC bisa didapatkan dengan pengaturan yang digunakan oleh kampus atau sekolah di tempat kita tuju. Atau bisa juga membeli OSHC ke provider langsung yaitu :
Pengalaman saya dulu waktu pertama kesini, membeli paket OSHC sesuai dengan rekomendasi atau yang disyaratkan oleh kampus saya. Kampus saya menggunakan Allianz sebagai provider OSHC. Jika kita mau mencari sendiri bisa cek di Finder.com untuk melihat OSHC yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

Sebagai informasi, OSHC biasanya dibundle dalam 3 Paket, paket pertama yaitu Single, Couples/Double dan Multiple/Family. Paket ini tergantung dengan berapa orang yang turut serta ikut mendampingi selama program berjalan hyang disebut dengan couple yang biasanya adalah pasangan suami/istri dan dependent seperti anak atau putra dan putri yang berusia dibawah 18 tahun. 

Single itu adalah coverage OSHC untuk satu orang, biasanya hanya siswa atau mahasiswa nya saja. Sementara paket Couple/Double adalah coverage OSHC untuk pelajar/mahasiswa bersama dengan pasangnnya. Sementara yang terakhir paket Multiple/Familiy adalah paket OSHC untuk mahasiswa/siswa dan dua atau lebih dependent.   

Berdasarkan data sampai September 2021 OSHC ini harganya bisa berbeda beda sesuai dengan fasilitas yang dipakai dan berapa lama jaminannya. Menurut data itu, untuk jaminan selama 12 bulan (setahun) paling rendah adalaj AUD$478 untuk singles, AUD$2,600 untuk couples dan $4,200 untuk of family/multiple. 

Tentunya harga ini akan berubah seiring waktu, inflasi dan biaya kesehatan yang real. Sebagaimana kita ketahui bahwa biaya asuransi ini akan disesuaikan sesuai dengan risiko dan perkembangan klaim. 

Nah apa saja yang dicover oleh OSHC maka akan tergantung yang menawarkan program, namun secara umum hal-hal berikut ini yang akan dicover: kunjungan ke dokter, beberapa perawatan rumah sakit, obat-obatan terbatas, perlindungan menggunakan ambulans, beberapa perangkat prostetik dan akses ke rumah sakit swasta dan operasi harian. Secara lengkap kita harus pelajari polis OSHC yang dimiliki. 

Biasanya untuk perawatan gigi, optik, dan fisioterapi tidak dicakup oleh OSHC, meskipun layanan ini bisa tersedia sebagai layanan 'ekstra' dari beberapa penyedia OSHC sebagai bagian dari perlindungan OSHC yang lebih komprehensif, tentunya ada konsekuensi nanti perbedaan biayanya.

Nah yang perlu menjadi catatan juga adalah bahwa biaya OSHC ini harus dibayar di awal sebelum masa belajar dilaksanakan. Ini memang yang menjadi tantangan, terutama bagi mahasiswa yang ingin membawa keluarga ke Australia. Karena biaya OSHC Multiple atau untuk keluarga akan sangat besa dan biasanya memberatkan.  

Mengakses dan Berobat ke Fasilitas Kesehatan di Australia, Kapan dan Kemana?

Saat kita sakit kita bisa cek dulu kondisi sakitnya seperti apa? Apakah darurat atau tidak? Apa yang dimaksud sakit darurat di Australia maka biasanya bisa dicek dari beberapa hal ini:

  • Nyeri dada atau sesak napas
  • Merasa lemah, mati rasa atau lumpuh secara tib-tiba
  • Hilang kesadaran / pingsan
  • Kesulitan bernapas
  • Tiba-tiba pingsan atau kejang yang tidak dapat dijelaskan
  • Bayi dengan demam terus menerus
  • Luka bakar parah
  • Pendarahan yang tidak terkendali
  • Cedera akibat kecelakaan  
Jika mengalami hal-hal diatas maka sebaiknya segera hubungi 000 dari nomor Australia untuk mendapatkan bantuan medis darurat. 

Jika sakit yang dialami tidak termasuk hal diatas maka kita bisa datang ke General Practitioner (GP) atau di Indonesia di sebut dengan dokter umum yang ada di lokasi terdekat atau di klinik terdekat. Dari GP ini kita akan mendapatkan layanan kesehatan primer untuk mengobati keluhan yang dimiliki.

Sebelum datang ke klinik atau dokter, sebaiknya telepon dulu untuk daftar. Hampir semua klinik atau praktek GP mensyaratkan pasien untuk registrasi atau membuat janji ketemu sebelum datang ke klinik atau dokter. Pengalaman pertama waktu saya datang langsung ke klinik diminta kembali lagi karena belum registrasi dan harus menunggu lama. 

Untuk registrasi atau membuat appointment, bisa melalui telepon, email atau ada klinik yang juga menggunakan aplikasi, seperti klinik yang saya pake menggunakan aplikasi hotdoc. Kedua juga sebaiknya disiapkan atau ditunjukkan bukti kepemilikan asuransi kita bisa OSHC ataupun asuransi yang mau dipakai yang lain. Sehingga jika nanti sudah selesai bisa mudah mengurus klaim atau tidak dicharge sedikit pun.

Di GP, prosedurnya biasa dokter akan melakukan pemeriksaan dengan wawancara apa keluhan, gejalanya apa dll. Bila perlu dokter juga biasanya akan memberikan resep obat untuk ditebus di farmasi setempat. Lebih lanjut jika dirasa butuh diagnosis pendukung, dokter juga akan memberikan rujukan untuk melakukan tes lanjutan (biasanya ada dua tes yang sering dimintakan yaitu tes darah dan tes rontgen). Lebih lanjut jika dipandang perlu mendapatkan treatment lebih lanjut GP akan memberikan rujukan (referal) untuk berobat ke spesialis yang rumah sakit atau allied health professional. 

Maka jangan heran biasanya dokter umum di sini lokasinya memang dekat dengan apotik, lab tes darah (Phatology) atau Lab Rontgen. Banyak sekali lab tes darah di dekat GP.

Bagaimana Cara Bayarnya?

Seperti disebutkan sebelumnya penting sekali untuk memiliki asuransi kesehatan disini, bahkan menjadi syarat dikabulkan atau tidaknya pengajuan visa. Karena kepemilikan asuransi akan menentukan juga nanti konsekuensi setelah mengakses layanan kesehatan disini. 

Bagi yang tidak memiliki asuransi maka seluruh biaya kesehatan akan ditanggung dari koceknya sendiri (out of pocket). Kecuali jika kita eligible mendapatkan subsidi atau bantuan dari pemerintah.  

Sementara yang memiliki asuransi kesehatan bisa mendapatkan keuntungan yaitu tidak perlu membayar sepeserpun atau hanya membayar sebagian yang tidak masuk ke dalam benefit asuransi. Tapi ini biasanya melalui dua skenario, pertama kita tidak membayar sepeserpun dari sejak awal, kedua membayar dulu, baru kemudian uang yang keluar diclaim ke asuransi sesuai dengan benefit yang ditanggung.  

Nah terkait dengan sistem pembayaran ini di Australia kita perlu paham sistem pembayaran di GP atau Primary Care disini yaitu Bulk Billing dan Private Billing. Secara sederhana, dalam sistem Bulk Billing ini pasien tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun karena seluruh biaya yang dibebankan kepada asuransi, biasanya pada sistem Medicare. Sementara Private Billing ini yang menggunakan sistem reimbursement, dimana dokter atau klinik akan membebankan biaya pada pasien, dan pasien bisa mengklaim biaya itu ke pihak asuransi. 

Nah di Australia tidak semua GP atau Klinik adalah bagian dari klinik yang bisa menggunakan sistem Bulk Billing. Selama lebih dari 6 bulan disini, saya sudah mengalami kedua sistem ini. Saya sudah 3-4 kali berkunjung ke dokter, ada yang harus bayar di awal ada yang tidak bayar sama sekali. 

Jadi penting juga kita mencari GP yang menggunakan sistem Bulk Billed di dekat kita. 

Closing

Mungkin ini dulu dari saya. Saya akan coba buat video untuk menjelaskan pengalaman saya lebih rinci dan akan saya tambahkan di postingan ini. Ada informasi yang sama tapi juga ada yang berbeda dari post yang ada di thread ini. 

Semoga sahabat semua selalu diberikan kesehatan, dan tidak perlu mengunjungi dokter, klinik atau rumah sakit selama belajar di Australia. Namun memang jika membutuhkan perawatan atau layanan kesehatan, kita tidak bingung lagi harus kemana, dan terutama tidak bingung lagi bagaimana cara membayarnya. 

Terima kasih 

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung