Di Klaten ada satu danau yang potensial menjadi destinasi wisata lokal yang keren banget. Namanya Rowo Jombor, atau danau Jombor. Danaunya luas dan menjadi penampungan air bagi warga sekitar yang sudah lama banget. Peranannya sangat vital bagi kehidupan warga sekitar, selain penampungan air juga digunakan untuk tambak ikan, wisata air dan lokasi untuk wisata kuliner dengan banyak sekali restoran terapung. 

Namun ya itu, potensi besarnya belum maksimal dimanfaatkan karena pengaturan yang tidak cukup baik. Rawanya perlu dirapikan dan diperdalam karena banyak endapan yang lumpur. Juga banyak sekali tumbuhan liar menjadikan keindahan Rawa ini tidak muncul maksimal. Ditambah lagi lokasi Restoran terapung yang tidak rapi, tentunya akan membuat rawa jombor menjadi lebih baik dengan sentuhan dan pengelolaan yang lebih baik.

Di tahun 2021 ini Pemerintah Kabupaten Klaten dengan dukungan dari pemerintah provinsi Jawa Tengah sudah membuat rencana untuk merevitalisasi Rowo Jombor. Fungsi utama tetap untuk water catchmen area, namun fungsi lain juga akan direvitalisasi dengan menambahkan berbagai fasilitas publik pendukung wisata. Juga ada anggaran untuk mendorong pembangunan desa wisata sehingga secara ekonomi dan budaya potensi kawasan ini bisa lebih baik lagi. 

Kita tunggu saja bagaimana pengaruh dari program Pemda Klaten dan Pemda Jateng ini. Sementara itu, saya ajak anda mengintip bagaimana kondisi Rowo Jombor di akhir tahun 2021 saat saya mampir ke Klaten beberapa waktu yang lalu. 

Silahkan cek video di bawah ini.

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung