North Market Columbus adalah salah satu pusat jajanan yang terkenal di ibu kota negara bagian ohio yang didirikan pada tahun 1876. Dulunya pasar semcam ini ada di setiap penjuru mata angin Columbus. Ada North, South, West dan juga Central Market. Namun seiring waktu kin hanya tersisa North Market dari semua pasar yang pernah didirikan.

Pasar-pasar yang lain harus tutup karena berbagai hal dari mulai rencana perluasan kota, tragedi kebakaran hingga peralihan penggunaan lahan menjadi stasiun. Ditambah lagi memang keberpihakan pemerintah terhadap pasar tradisional tidak terlalu baik seiring berdirinya berbagai pusat perbelanjaan modern. North Market tetap bisa bertahan meskipun mengalami pasang surut yang begitu tajam dan mencapai dasarnya pada tahun 1970-an.

North Market yang dulunya disebut dengan North-End Market bisa bertahan karena dorongan dan dukungan serta kekompakan masyarakat dan para merchant yang ada disitu.  Pada tahun 1980-an kesadaran masyarakat mulai tumbuh kembali terhadap perlunya pasar rakyat semacam ini, disertai kekhawatiran penutupan pasar oleh pemerintah dibuatlah lembaga non-profit The North Market Development Authority (NMDA). Lembaga ini didirikan oleh warga untuk melestarikan pasar rakyat beserta kekayaan budaya yang ada di dalamnya. Dengan cara ini North Market bisa bertahan hingga saat ini.



Satu hal fakta menarik dari pasar adalah lahan asli yang dipakai pasar rakyat North Market dulunya adalah tanah pekuburan. Pada tahun 1813-1873 lahan ini merupakan kuburan yang disebut dengan The North Graveyard. Setelah berulangkali negoisasi pemakana mulai dipindahkan pada tahun 1872 dan pada tahun 1876 pasar mulai dibuka.

Beruntung orang sana tidak terlalu terganggu dengan hal seperti itu. Ataukah memang tidak ada lagi yang tahu ya? Yang pasti saya pernah kesana dan makan dimsum khas Nepal dan Tibet yang disebut dengan Momo. Silahkan cek videonya disini.


Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung