Nelsonville Music Festival
Nelsonville merupakan salah satu kota yang ternama di kawasan midwestern, setidaknya di daerah Hocking county dan Athens county. Salah satu kelebihannya adalah sejarah pembentukan yang panjang dari kota ini yang menjadikannya sebagai salah satu kawasan yang mengandung cerita sejarah.

Kota ini didirikan pada 1814 dan melewati berbagai rentang sejarah AS seperti era perang sipil. Saat ini kota ini bahkan masuk ke dalam program Main Street Program dan Preserve American Community, dua program untuk revitalisasi kota dengan mempertahankan kekayaan budaya masing-masing.

Namun bukan soal itu yang ingin saya share di tulisan ini. Namun salah satu event musik tahunan yang sangat terkenal yang diselenggarakan di Nelsonville yaitu Nelsonville Music Festival. Event ini adalah salah satu kegiatan musik besar di sekitar Athens dan Hocking county.

Pertama kali diadakan pada tahun 2005, festival musik Nelsonville sudah menyelengarakan eventnya yang ke 24. Dari event musik yang diselenggarakan hanya satu hari, hingga bertambah menjadi festival warga yang dilaksanakan selama 3 hingga 4 hari.

Selain musik, festival ini juga memberikan kesempatan pengrajin lokal dan musisi lokal untuk mendisplay produk dan karyanya. Festival musik ini juga didesain sebagai even yang ramah keluarga dimana bukan hanya pengunjung dewasa yang bisa masuk namun juga anak-anak.

Sebagai festival yang diadakan di sela-sela liburan musim panas dimana banyak sekali kota-kota kecil di AS, terutama college town, yang seakan-akan mati suri, event seperti ini adalah oase dan alternatif yang pas untuk melewatkan masa liburan di sela-sela musim panas.

Selain kegiatan komunitas, festival ini juga bekerjasama dengan Rural Action, sebuah NGO lokal yang bergerak di kawasan Appalachia untuk mengedukasi pengunjung festival menerapkan gaya hidup bebas sampah (zero waste). Singkatnya, festival ini mencoba memperkaya diri dan makna, sehingga kehadirannya bukan sekedar event musik dan ajang festival band lokal, regional, maupun internasional namun juga sebuah perayaan komunitas yang penuh sisi edukasinya.

Anda perlu diskon tulisan saya, tapi jika mau intip sedikit saja suasan festival ini, silahkan cek video saya berikut ini :

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung