Setiap mahasiswa baru yang datang ke OU pasti akan diberikan secarik kertas berisi 100 hal yang perlu dilakukan selama di Athens. Para senior selalu menyampaikan bahwa meskipun Athens adalah college town, artinya kota kecil, dan sebagian besar penduduknya adalah mahasiswa Ohio University, namun banyak hal yang bisa dilakukan dan di explore dari kota ini.

Saya tidak ingat satu persatu apa saja isi dari daftar itu, namun yang pasti bersepeda di Adena Hockhocking Bikeway dan berkayak di Stroud Run adalah salah dua diantaranya. Maka dari itu, di minggu-minggu terakhir sebelum meninggalkan Athens saya mencoba melakukan dua hal itu. Pertama saya ikut piknik sama teman-teman Permias OU ke danau Stroud Run. Kedua,  saya bersepeda ke di Adena Hockhocking Bikeway.

Maka jadilah saya bareng sama Zulhiczar Arie, sesama Fulbrighter, bersepeda menyusuri jalur sepeda ini sepanjang 33 KM dari Athens ke Nelsonville pulang pergi. Jalur sepeda dan juga pengelolaan taman negara di AS memang menarik. Penyediaan fasilitas olahraga seperti ini memberikan efek negatif kepada masyarakat sekitar. Selain menjadi atraksi wisata, tentunya tempat seperti jalur sepeda seperti menjadi ruang publik yang membuat interaksi antar masyarakat dan membuat mereka lebih sehat karena melakukan aktifitas fisik dan olahraga.

Saya ulas pengaruh ruang-ruang sperti ini di postingan yang lain di blog ini seperti juga disitir oleh Paul Romer. Tapi di postingan blog kali ini saya ingin berbagi betapa saya melewatkan kesempatan bagus karena selama dua tahun di Athens hanya sekali 'jajal' Aden Hockhocking Bikeway. Kalo dari awal tahu indahnya dan kerennya jalur sepeda ini mungkin sudah saya coba berkali-kali.

Nggak percaya? Cek aja videonya di bawah ini!

Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung