Biaya Transfer Antar Bank

Jika kita melakukan transfer dari satu rekening ke rekening lain dari bank yang berbeda akan ada biaya transfer yang dikenakan. Besarnya biaya transfer ini memang bervariasi antara Rp 1000 hingga Rp. 6500 per satu kali transaksi. Jumlah yang tidak terlalu besar. Namun jika kita melakukan transaksi transfer antar bank yang cukup rutin setiap bulannya maka, jumlah ini lumayan memberatkan. 

Misalnya jika kita melakukan setidaknya 10 kali transaksi antar bank dalam sebulan, maka ada biaya Rp 10.000 - Rp 65.000 yang akan ditanggung untuk transaksi antar bank ini. Jika transaksi lebih dari 10 kali maka biaya yang dikenakan akan lebih besar lagi. Tanpa terasa uang yang digunakan untuk membayar biaya transaksi bank ternyata cukup besar dan sayang jika tidak dicarikan solusinya. 

Aplikasi untuk Mengurangi Biaya Transfer antar Bank

Oleh karena itu para inovator aplikasi memutar otak untuk membantu menyelesaikan masalah ini. Akhirnya hadirlah berbagai macam platform aplikasi yang membantu mengurangi biaya transfer bank. Dulu saya pernah mengalami ini saat sekolah di US dan ingin mengirim uang ke Indonesia. Akhirnya saya menemukan aplikasi transfer yang disebut dengan transferwise yang kemudian kini berubah menjadi wise. Review saya tentang aplikasi tersebut bisa dicek disini : Sharing Cara Kirim Uang dari Amerika ke Indonesia

Cara kerja dari transferwise cukup sederhana. Untuk mengurangi biaya penukaran uang antar negara ia menggunakan rekening yang memiliki mata uang yang sama di negara lain. Sehingga rate perubahan mata uang tidak berubah banyak. Sebagai contoh, jika kita mengirim uang dari AS dalam bentuk dollar untuk dikirim ke Indonesia dalam bentuk rupiah, ia tidak mengirim langsung dari AS. Namun mengirim uang tersebut dari rekening lain yang sudah memiliki mata uang dalam bentuk rupiah sehingga biayanya bisa ditekan serendah mungkin.  

Review Flip

Nah di Indonesia saat ini juga sudah ada aplikasi yang serupa untuk membantu menekan biaya antar bank yaitu aplikasi Flip. Aplikasi Flip ini kurang lebih seperti Transferwise untuk versi lokal Indonesia. 

Bagaimana cara kerjanya? Jadi hampir sama ia juga menekan biaya bank dengan memiliki berbagai rekening di bank yang berbeda. Sehingga ketika kita ingin mengirim dari Bank Mandiri ke Bank BSI misalnya, ia tidak perlu mengirim dari bank Mandiri ke Bank BSI namun ia mengirim dari Rekening Flip di Bank BSI lainnya sehingga hitungannya menjadi transaksi antar sesama bank yang sama. 

Inilah pola kerja yang digunakan Flip sehingga membantu untuk mengurangi biaya transaksi antar bank. Flip hanya mengubah transaksi antar bank yang kita lakukan menjadi transaksi internal atau transaksi antar bank yang sama sehingga tidak memerlukan biaya tambahan. Cukup cerdas bukan?

Namun memang ada kekurangannya bahwa proses mengirimkan ini perlu satu atau dua langkah extra untuk melakukan transaksi sampai selesai. Namun jika transaksi antar bank kita cukup rutin, maka aplikasi ini cukup worth it. 

Bagaimana cara mendaftar Flip 

Jika ingin menggunakan flip bisa pake Kode referral dari saya di APNR9057 atau langsung kunjungi link ini dari Hp anda APNR9057 dari link.

Dan selamat menikmati keuntungan dengan menghindari biaya transfer antar bank. Sejauh ini setelah pemakaian kurang lebih 6 bulan saya sudah menghemat kurang lebih 600 ribu dari biaya transfer antar bank yang bisa saya hindari. Selamat menggunakan Flip. 


Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung