Jangan membayangkan gedung tinggi menjulang dengan parkiran di basement atau bertumpuk vertikal di pinggi gedung seperti di Indonesia. Gambaran mall seperti itu sama sekali tidak saya dapati saat berkunjung Easton Town Center di Columbus, Ohio. Kesan pusat perbelanjaan seperti di Indonesia yang biasa saya temui, yaitu bertumpuk ke atas, untuk memanfaatkan lahan yang sempit sama sekali tidak ada disini.

Easton Mall memang dirancang dengan ciri berbeda sebagai salah satu mall yang ada di Ohio. Banyak pusat perbelanjaan yang lokasinya tersebar dan sedikit sekali yang memiliki gedung tingkat baik itu bioskop, pusat belanja atau yang lain. Saya harus cek apakah di Columbus atau Ohio sebagai state ada peraturan soal tinggi bangunan yang menjadikan banyak pusat keramaian dirancang seperti itu.

Hal lain yang saya temukan juga adalah bahwa pusat keramaian serupa juga seringkali ditempatkan di pojok-pojok kota bukan di tengah-tengah kota seperti biasa di temukan di Batavia. Di Jakarta banyak tempat keramaian yang disimpan di tengah hiruk pikuk kota yang seperti sudah bisa ditebak menambah keramaian dan kemacetan baru. Karena seperti bahasanya pusat keramaian tentu bakal dikunjungi oleh orang ramai.

Hal ini saya kunjungi juga di West Virginia tepatnya di kota Parkersburg. Banyak tempat perbelanjaan seperti Wallmart, Mall dan pusat keramaian lain ditempatkan di sudut lain kota yang masih relatif sepi. Pusat perbelanjaan di tempatkan di uptown bukan di downtown, sehingga akhirnya wilayah kota banyak yang memang jadi kota. Mungkin sengaja dibuat untuk mendorong pusat pertumbuhan baru. Supaya beban keramaian kota juga bisa lebih tersebar dan tidak menumpuk di satu sisi.

Maka tidak heran jika kita jalan-jalan di beberapa kota di US, terasa seperti kota yang sepi, setidaknya menurut ukuran Indonesia. Ups sorry ukuran jawa, Jawa Barat tepatnya. Menarik untuk dilihat apakah ini adalah desain atau ketidaksengajaan. Seperti juga diskusi soal penempatan ibu kota yang di banyak negara dibedakan antara pusat ekonomi dan pusat politik, dan tentunya ibukota barang tentu akan menjadi pusat keramaian baru.

Tapi cukuplah beberapa pikiran sporadis ini bisa didiskusikan lain waktu. Saya ambil beberapa video saat berkunjung ke Easton Town Center mall terbesar di Columbus, dan beginilah penampakan mall yang saya sebutkan di atas.

Semoga ada manfaatnya.

Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung