Saya perhatikan di US itu orang senang sekali memakai kendaraan, terutama mobil. Hampir setiap orang memiliki mobil sehingga kepemilikan mobil disini sudah tidak lagi menjadi sesuatu yang mewah. Mobil bukan barang mewah disini. Menurut Lebih dari 80% orang di AS memiliki mobil. Dan menurut Highway Statistics 2017, ada lebih dari 263 juta kendaraan bermotor di US. Meskipun Amerika hanya menempati posisi kelima dalam urutan kepemilikan kendaraan bermotor dibawah San Marino, Monaco, New Zealand, dan Islandia, namun dari segi jumlah sangat besar dan hanya kalah dari China.

Tingginya kepemilikan mobil dan budaya bermobil di US tidak terlepas dari pembangunan infrastruktur jalan yang dilakukan oleh negara ini sejak tahun 1920-an. Pembangunan infrastruktur jalan menjadi salah satu prioritas pemerintah US saat itu yang menggenjot dan mendukung mobilitas dan pergerakan orang dan barang di US. Bahkan dalam banyak literatur disebut pembangunan infrastruktur ini sebagai salah satu pendorong kemajuan ekonomi US hingga menjadi salah satu negara adidaya di dunia selain sektor perbankan, pendidikan dan kesehatan.

1955 map: The planned status of U.S Highways in 1965, as a result of the developing Interstate Highway System. Sumber Wikipedia
Perbaikan infrastruktur jalan membuat kepemilikan mobil melambung tinggi pada tahun 1950an. Mobil menjadi alat transportasi yang paling aman dan nyaman. Adanya jalan-jalan bagus di US seperti nadi dan urat yang membuat aliran darah lancar di dalam tubuh. Banyak pusat-pusat kota tumbuh karena akses lebih mudah, membuat bisnis perumahan, pariwisata, penginapan, pom bensin dan aktifitas ekonomi lain tumbuh subur menyangga pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang.

Jalan-jalan interstate yang menghubungkan wilayah AS dari ujung barat ke timur, utara ke selatan membuat perjalanan darat memakai mobil lebih singkat. Dari membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengelilingi Amerika Serikat lewat jalan darat, kini bisa dilakukan lebih singkat dalam beberapa minggu. Dari segi biaya pun lebih hemat karena perjalanan yang mesti ditempuh dengan biaya ribuan dollar bisa dijalani hanya dengan beberapa ratus dollar saja.


Maka tidak heran jika di US sangat dikenal istilah Road Trip dimana orang melakukan perjalanan darat untuk melakukan rekrasi atau mengunjungi keluarga. Jalan-jalan menjadi lebih menyenangkan bisa mengunjungi banyak tempat dalam waktu yang relatif singkat.

Saya share bagaimana penampakan sebagian jalan-jalan di US dalam video di bawah ini.


Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung