Salah satu metode untuk melihat perkembangan dan dinamika penduduk adalah dengan menggunakan Life Table. Dengan cara ini kita bisa sedikit menerka perkembangan satu kelompok di masa yang akan datang. Hal baru lain yang saya dapatkan dari komentar examiner terkait draft penelitian PhD saya di Griffith University. 

Sebagai upaya untuk memprediksi perkembangan penduduk yang menjadi anggota JKN, penguji tersebut menyarankan saya menggunakan Life Table. Dalam hati saya makhluk macam apa lagi ini life table? Setelah baca-baca beberapa sumber di internet saya menemukan sebuah kumpulan video dari Zed Statistics yang membahas life table. Dan ternyata ada konsep besar yang menaungi aplikasi Life Table ini yaitu Survival Analysis yang bisa digunakan dalam banyak hal dan bidang. 

Survival analysis bisa digunakan dalam memprediksi bisnis asuransi seperti dipakai dalam perhitungan aktuaria, atau bahkan menganalisa keberlanjutan sebuah proyek atau perusahaan. Hamba sangat awam dalam masalah ini dan masih perlu banyak belajar. 

Jika ingin sedikit mengintip soal konsep Survival Analysis ini, kumpulan video dari Zed Statistics ini bisa jadi salah satu pembuka. Silahkan dicek di bawah ya. 

 Survival Analysis from Zed Statistics

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung