Satu hal yang baru saya kenal/tahu saat di Australia adalah istilah Motorway dan Toll Road. Pengertian keduanya mirip tapi ada perbedaan. Persamaannya adalah bahwa baik motorway atau toll road adalah istilah untuk merujuk pada jalan besar yang bebas hambatan. Jika baca artikel di beberapa halaman websites ternyata sebetulnya ada banyak istilah untuk menyebut jalan besar ini dari mulai highway, motorway, freeway sampai ke toll road. 

Intinya di awal, saya sempat kebingungan karena ada beda konteks antara Australia dan Indonesia terkait jalan besar berbayar atau tidak. Dulu waktu di US, karena saya nggak pernah naik mobil sendiri, saya tahunya jalan besar di luar negeri gratis karena sudah dibiayai oleh pajak atau pungutan yang dibebankan ke BBM. Ternyata anggapan saya ini tidak sepenuhnya benar. 

Saya baru ngeh setelah ke Australia. Di Australia ini, setidaknya di Queensland yang dipakai adalah istilah Motorway, Highways dan Road. Ketiga istilah ini ternyata memiliki pengertiannya masing-masing yang terkait dengan berapa besar jalannya, terutama berapa jumlah lane-nya, kemana arahnya dan apakah ada tarifnya, harus bayar atau tidak.

Tidak Semua Jalan Gratis

Setelah menggunakan mobil sendiri dan merasakan jalan di Australia, saya baru paham bahwa tidak semua jalan di Australia bebas bayar atau gratis. Ada beberapa ruas jalan yang harus bayar dan pastikan kita punya akun tol. 

Semua bermula saat saya pertama kali pindah dari Gold Coast ke Brisbane yang harus saya tempuh melalui salah satu jalan besar yaitu Pacific Motorway yang menyambungkan Gold Coast dengan Brisbane. Yang saya paham saat itu, jalan besar di Australia itu gratis, sehingga saat saya lewat ke jalan M1 yang merupakan bagian dari Pacific Motorway, maka saya tidak akan dipungut biaya. 

Namun ternyata anggapan saya tidak tepat, karena beberapa bulan setelah saya melewati jalan M1 pertama kalinya, ada surat tagihan toll dari Linkt sebesar $AU 13. Saya kaget kok dapat tagihan ini? Setelah saya cek memang dalam perjalanan saya sempat salah keluar gate. Harusnya saya keluar di area Springwood, namun karena ada renovasi jalan, saya melewati jalan keluar dan harus berputar ke daerah Park Ridge yang melewati jalan M3 di ruas jalan ke arah Ipswich. Dan M3 ternyada adalah toll road yang mengharuskan kita membayar tarif jalan tol. 

Waktu itu sebetulnya tarif toll M3 yang saya lalui hanya $AU 2, namun karena saya tidak punya akun toll, maka saya kena charge identifikasi kamera CCTV sbesar $1 dan denda administrasi $AU10. Dari sinilah saya baru paham bahwa di Australua ada beberapa ruas jalan yang berbayar (toll road). Selain M3 ada 6 jalur lain yang berbayar.  

Maka oleh karena bagi yang menggunakan kendaraan di Australia sebaiknya bikin akun toll agar berkendara bisa lebih hemat. 

Mengapa harus membuat akun toll?

Membuat akun toll ini penting, karena akan berpengaruh terhadap berapa yang harus dibayar. Seperti kasus saya, karena tidak memiliki akun tol, maka saya kena denda administratif $AU 10. Membuat akun tol juga penting karena semua tarif tol harus dibayar melalui free flow electronic tolling, dimana kita membayar toll secara langsung dengan debet di akun yang sudah dibuat tidak melalui pintu-pintu seperti di Indonesia. Sehingga tanpa akun, kita tidak bisa membayar toll dengan cepat, dan rentan dikenakan denda. Semua pembayaran toll dilakukan melalui akun yang dibuat di web Linkt.

Cara membuat akun di Linkt 

Cara membuat akun toll di Linkt cukup mudah dan bisa dilakukan penuh dengan melalui online. Kita bisa masuk ke websitenya linkt dan mengisi biodata yang diminta. Biodata standar seperti nama, alamat dan juga tentunya nomor plat mobil yang dikedarai. Sebagai finishing kita juga akan diminta untuk menyambungkan akun tersebut dengan kartu debit atau kartu kredit yang valid sebagai metode pembayaran. Proses pembuatan akun berjalan dengan cepat sehingga prosesnya sangat singkat. 


Sebagai catatan, di website Linkt ini kita bisa memilih antara membuat akun toll dengan memesan tag atau tanpa tag. Tag adalah alat elektronik yang nantinya harus dipasang di mobil kita untuk memudahkan perusahaan mendebet pembayaran tol. Saran saya pilih yang ada tag nya, karena itu akan mempermudah kita dalam membayar toll. Jika memilih pilihan memakai tag ini, maka setelah membuat akun dalam satu atau dua minggu Linkt akan mengirimkan tag untuk dipasang di mobil kita. 

Setelah memiliki tag maka setiap kita melewati jalan tol berbayar, otomatis pembaca di daerah tol itu akan mendeteksi tag nya dan mendebet dari akun kita. Sehigga kita terbebas dari denda yang tidak perlu. Akun dan tag juga harus disambungkan dengan akun bank kita yang ada disini, untuk memastikan proses pembayaran berjalan dengan lancar. Bisa kita setting akun tol untuk bisa top up sendiri saat saldo di akun kita menipis.  

Setelah memiliki akun, maka kita bisa berkendara dengan lebih tenang, dan tidak khawatir untuk melintasi berbagai macam jalan besar motorway, highway atau freeway, karena jika melewati jalan yang bebrayar kita otomatis sudah didebet oleh Linkt. 

Semoga bermanfaat. 


Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung