Salah satu poin yang ditanyakan dalam bimbingan PhD dengan dosen saya kemarin adalah soal software apa yang akan digunakan untuk melakukan pemodelan dalam penelitian saya? Waduh ini pertanyaan sebetulnya harus dijawab dengan seksama, meskipun tidak bisa dijawab dengan sesingkat-singkatnya. 

Waktu ditanya saya jawab dengan polos, sementara saya akan menggunakan Microsoft Excel saja yang sederhana. Lalu kedua pembimbing menyarankan sebaiknya mempelajari software yang lebih lanjut dari mulai STATA, TreeAge, Midcree dan beberapa yang disebutkan. Maafkan hamba ya Allah, ternyata banyak yang nggak ngerti hahaha. Ada satu selain STATA yang pernah saya dengar yaitu R software. Memang satu pembimbing lain pernah menjelaskan soal TreeAge namun diriku yang masih harus benyak belajar ini belum nyampe kesana. 

Jadilah kita cek apa saja nih soal R dan aplikasinya. Harus belajar ini barang!!! Saya coba cek di Youtube ada content creator plus data saintis yang membuat panduan awal terkait pemrograman menggunakan R. Nampaknya ini salah satu channel awal nih buat ngulik software R. Kalo mau dicek ya di bawah ini nih salah satu playlist nya. 

Mari kita ulik ....

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung