Saat ini saya sedang berbenah dan beradaptasi sebagai mahasiswa Higher Degree Research (HDR) di Griffith University untuk level PhD. Setelah berproses dengan berbagai aplikasi selama setahun ke belakang, akhirnya saya diterima di program ini dengan beasiswa dari Griffith University yaitu Posgraduate Research Scholarship dan International Postgraduate Research Scholarship (GUPRS dan GUIPRS). Dua beasiswa ini mengcover seluruh tuition fee dan memberi saya living allowance untuk berproses di program ini selama setidaknya 5 tahun. 

Proses saya mendapatkan beasiswa PhD ini sebetulnya sangat panjang, hampir lebih 2 tahun. Saya menyiapkan aplikasi sejak awal tahun 2020, mendaftar ke beberapa beasiswa dari LPDP, AAS, Stipendium Hungaricum, hingga Griffith University ini. Pada awalnya saya mendaftar ke kampus untuk mendapatkan LoA yang bisa saya gunakan untuk mendukung aplikasi beasiswa ke AAS atau LPDP. Saya mendaftar ke Griffith University dan UNSW. Pada awalnya hanya mendapatkan LoA dari Griffith University di bulan November 2021 dan February 2022. Akhirnya pada April 2022 saya dapat juga LoA plus beasiswa penuh dari Griffith University.

Berbekal pengalaman ini, saya ingin berbagi pengalaman terkait aplikasi PhD. Tentunya setiap orang akan memiliki pengalaman yang berbeda. Dan juga kajian yang berbeda pula sehingga pengalamannya bisa saja juga tidak sama. Namun sedikit banyak, proses aplikasi PhD akan sama.

Untuk lebih jelasnya, silahkan dicek di vlog yang sudah saya siapkan di bawah ini: 

 

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung