Ads (728x90)



Tahun ini saya berkesempatan untuk pergi ke Cape Town, Afrika Selatan, mengikuti World Lung Health Conference 2015 selama seminggu 2-6 Desember 2015. Untuk bisa pergi kesana warga Indonesia harus apply visa ke Kedubes Afsel di Jakarta. Pengurusan dokumen memang memerlukan persiapan agar pengajuan berjalan dengan lancar.

Persyaratan visa Afsel hampir sama dengan negara lain. Pertama, Identitas yang jelas adalah yang utama. Karena itu passport adalah syarat yang tidak bisa diganggu gugat. Sebagai pendukung bisa ditambah dengan keterangan menikah, kartu keluarga atau akta lahir. Karenanya kalo mau bisa pergi keluar negeri harus punya passport.

Kedua, kejelasan pekerjaan dan penghasilan. Persyaratan ini untuk memastikan yang bersangkutan memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan jauh dan ada yang menjamin. Makanya tidak heran disyaratkan juga surat keterangan kerja, slip gaji dan rekening koran. Tidak semua diminta, tapi kalo bisa disiapkan akan sangat baik.

Ketiga, kejelasan akomodasi. Tentu negara yang dituju juga ga mau dikunjungi turis yang belum jelas tidur dimana. Makanya sangat disyaratkan punya keterangan akomodasi apakah itu hotel atau alamat rumah lokal. Jika tidak ada keterangan soal ini bisa-bisa pengajuan tidak di approve.

Keempat, kejelasan agenda. Mau ngapain sih pergi kesana? Makanya akan sangat membantu jika ada keterangan tertulis acara apa yang akan dihadiri. Dalam kasus saya, surat undangan dari panitia sudah cukup. Jika ada agenda rinci kegiatan perharinya akan lebih baik lagi.

Kelima, pas foto ukuran 4x6 dan formulir isian visa yang sudah diisi lengkap. Untuk Afsel mereka belum menyediakan pendaftaran isian online seperti kedutaan AS. Makanya paling gampang visa download form aplikasi di link ini, diisi dengan tulis tangan akan lebih cepat.

Yang terakhir jika anda pernah ke salah satu negara di Afrika maka disyaratkan juga untuk divaksin penyakit Kuning. Jika belum pernah, maka persyaratan ini bisa anda lewati.

Jika semua persyaratan lengkap biasanya permohonan visa akan diproses selama 5-15 hari. Anda harus membayar biaya administrasi sebesar Rp 650 ribu.

Aplikasi Visa hanya di layani Senin - Kamis jam 8.30 s.d jam 11.30 jadi lebih baik datang pagi. Diluar jam itu permohonan tidak dilayani.

Dalam bentuk poin ini beberapa dokumen yang harus disiapakan:
  1. Passport yang masih berlaku minimal 6 bulan ke depan
  2. Surat undangan kegiatan dari host
  3. Kartu Kredit kalau ada dan fotokopinya
  4. Fotokopi ; KK, Surat Nikah, Akte Kelahiran
  5. Surat Sponsor. Bisa diminta ke panitia yang mengundang atau yang mengirim. 
  6. Formulir. Bisa didownload di website kedubes Afrika Selatan. 
  7. Bukti Pembayaran Biaya Registrasi Rp 650 ribu. Biaya dibayar saat sudah melengkapi persyaratan dan secara cash.
  8. Pas Foto 4x6 2 lembar, dengan standar foto passport. 
  9. Tiket Perjalanan pulling peri. 
  10. Rekening Koran 3 Bulan terakhir
  11. Slip Gaji
  12. Asuransi Perjalanan. Saya pakai smart traveler dari AXA karena lebih simple dan sudah bisa daftar online. 
  13. Bukti Akomodasi (Konfirmasi Hotel) bisa dilakukan juga dengan booking.com.
  14. Surat Keterangan Kerja
  15. Surat betas demam Demam Kuning. Ini disayaratkan bagi pemohon yang pernah bepergian ke Afrika. 
Untuk pengajuan anda bisa datang ke Kedubes Afsel di alamat ini :
Gedung GKBI 
Lantai 7 (di deket jembatan semanggi)

a gambar dari Jason Parelson 

Post a Comment

  1. Halo mas, saya kebetulan juga akan ke afsel, dan sedang apply visa. Bolehkh saya minta kontaknya (WA, atau telegram, atau email), untuk tanya2...
    1. limit saldo rekening, teman saya ditolak gara2 cuman 30jt.
    2. ada beberapa persyaratan yg berbeda dari yg tercantum di websitenya (slip gaji, akta, dll)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas, kalo saya kasusunya dulu karena ada sponsor mas jadi untuk kebutuhan dana tidak jadi masalah. Karena posisinya undangan. Kalo yang mandiri saya kurang tahu harus berapa uangnya.

      Delete

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung