Ads (728x90)

Pergantian tahun sering dirayakan dengan penuh kemeriahan. Pesta kembang api, pesta diskon akhir tahun di mall dan pusat perbelanjaan atau pesta rakyat dan kencan semalam suntuk digelar untuk menyambut tahun baru. Begitu juga dengan stasiun Televisi, nyaris semua channel membuat acara khusus untuk merayakan tahun baru. Dalam banyak hal pergantian tahun selalu dijadikan upacara kemewahan dan selebrasi penuh pesta.

Semua riuh rendah merasa perlu membuat acara khusus untuk merayakan tahun baru. Mungkin karena tanggal 1 Januari biasanya adalah hari libur internasional maka mungkin semua tergoda untuk merayakannya. Namun pertanyaannya kemudian mestikah tahun baru dirayakan dengan pesta? Apakah sebetulnya yang sedang dirayakan?  Dan apa esensi dari Tahun Baru?

Pergantian tahun sejatinya adalah satu momen yang sama saja dengan dengan momen pergantian waktu yang lainnya. Tahun, bulan, minggu, hari, jam dan detik sejatinya hanya sebuah penanda dari waktu. Setiap semua itu berganti dan pada saat yang sama pula berarti waktu kita berkurang. Waktu yang tidak akan pernah terulang dan tidak ada slow motion seperti menonton bola di TV. Waktu yang telah berlalu tidak akan pernah diulang dan tidak akan pernah lagi datang waktu yang sama. Tidak ada kesempatan kedua yang sama persis, konteks, tempat dan faktor lain pasti akan berubah.

Sehingga sebetulnya tidak ada yang perlu dirayakan dalam setiap pergantian waktu. Karena sebetulnya kita kehilangan sesuatu yaitu kesempatan yang kita miliki. Bersyukur jika kita sudah berbuat baik dan berbuat yan terbaik dalam kesempatan sebelumnya. Namun kita pantas bersyukur jika waktu yang kita lewati hanya digunakan untuk sesuatu yang tidak berguna.

Pergantian waktu tahun, bulan, minggu atau hari semestinya kita pergunakan untuk melakukan refleksi (tanpa pijat) dan evaluasi apa yang sudah kita lakukan. Membuat resolusi, target atau menetapkan cita-cita adalah satu hal yang bisa kita lakukan. Tidak usah banyak-banyak, senior saya bilang cukup #1Resolusi. Satu resolusi lebih dari cukup dan akan membuat kita lebih fokus untuk mencapainya secara bertahap.  Cukup satu resolusi dan biarkan cita-cita, target atau resolusi itu menggelinding membawa kita ke Pencapaian lain yang lebih besar. Seperti sebuah reaksi domino yang menggemparkan. Berawal dari sesuatu yang sangat kecil kemudian membesar hingga ukuran yang sama sekali tidak kita bayangkan sebelumnya.

Selamat tahun baru, selamat menyusun resolusi dan rencana baru, menuju hari esok yang lebih cerah!


 



gambar dari www.viva.co.id

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung