Ohio University, 12 November 2017

Malam ini ikut dialog interfaith yang diselenggarakan Muslims Student Association (MSA) Ohio University. Pembicaranya menarik karena Amigos ini terdiri dari seorang Imam (Islam), Minister (Kristen) dan Rabi (Yahudi).
Selama kurang lebih 1,5 jam mereka berbagi pengalaman mempromosikan dialog antariman di AS terutama setelah tragedi 11 September. Dengan otoritas keagamaan yang dipunyai di agama nya masing-masing, ketiga pemuka dari 3 agama ibrahim berbagi kesamaan dan perbedaan di ajarannya masing-masing dan bagaimana mereka membijakinya.

Bagian yang paling menarik adalah saat ketiganya membuka kitab suci masing-masing dan menunjukkan bahwa ada kesamaan ajaran terkait kemanusiaan, cinta dan kasih sayang. Tentu bukan berarti ketiga orang ini mempromosikan bahwa semua agama sama karena masing-masing agama meyakini ajarannya paling benar dan umatnya yang terbaik.
Bagian lain yang menarik adalah juga penutup dari paparan mereka dimana ketiganya menyanyikan lagu dari keberagamaan yang diambil dari inti ajaran tiga agama. Soal ini nantikan vlo saya di youtube ya.
Ketiga 'amigos' ini merumuskan 6 tahap agar dialog antar iman bisa berjalan dengan baik. Saya akan berbagi itu dalam postingan blog saya di deniwk.com nanti. Namun ada satu kebijaksanaan yang perlu saya sampaikan di posting ini bahwa dialog antar agama bukan untuk mengubah keyakinan seseorang (conversion) namun untuk lebih memahami dan menggenapi keagamaan kita (completion).
Karena seperti yang disitir oleh imam Jamal Rahman di forum ini, kalo Allah mau maka bisa saja penghuni dunia dijadikan satu komunitas yang homogen (satu umat yang sama), namun segala perbedaan diciptakan untuk menjadikan kita manusia yang lebih baik (al maidah ayat 48).

saya bikin vlognya dibawah ini. Semoga bermanfaat:

Bagian Pertama



Bagian Kedua



Bagian Ketiga

Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung