WHO bilang ada 3 jurus utama agar sebuah negara bisa mengalahkan pandemi atau kasus wabah infeksi seperti COVID-19 yaitu jurus 3 T yaitu Testing, Tracing, dan Treat.

Arti 3 jurus itu kurang lebih artinya melakukan tes secara massif dan teliti untuk menemukan kasus, melakukan pelacakan klaster penyebaran, dan melakukan perawatan kepada kasus yang sudah terkonfirmasi dan teridentifikasi.

Semua ini akan sangat tergantung kepada kapasitsa dan kekuatan sistem kesehatan yang didukung oleh semua elemen masyarakat. Soal kebijakan PSBB, Social Distancing, ataupun Lockdown juga soal pola dan gaya hidup masyarakat adalah faktor pendukung, meskipun ketiga hal itu juga sangat penting dan akan sangat menentukan mudah atau tidaknya melakukan 3T tadi.


Jika melihat video Narasi di bawah ini jelas kemampuan deteksi sistem kesehatan kita masih harus ditingkatkan. Selain tidak berhasil melakukan deteksi dini, hingga hari ini pun presentasi tes Covid-19 di Indonesia masih dianggap kurang massif seperti ditunjukkan data dan dikeluhkan beberapa kepala daerah. Apalagi jurus selanjutnya soal tracing kasus, otomatis akan sangat mengkhawatirkan.

Tanpa testing dan tracing yang massif akan sulit mengendalikan sumber penularan. Dan karenanya penularan akan terus menggelinding ke dasar gunung es pandemi dan menyebar kemana-mana.

Maka memang dalam menghadapi pandemi macam ini kita tidak mungkin hanya mengandalkan sistem kesehatan. Pun di negara yang sudah canggih dalam ketiga hal itupun kesulitan mengendalikan penyebaran wabah ini.

Maka semua sumber daya harus dikerahkan. Semua elemen masyarakat harus terlibat dalam proses pencegahan. Jaga jarak, jaga kesehatan, dan patuhi semua anjuran dari otoritas yang mengatur masalah ini. Pake masker jika keluar dari rumah.

Dari segi kebijakan publik pemerintah memang harus lebih serius dalam melakukan testing, tracing dan perawatan.


Post a comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung