Kenapa sebagian negara maju dan yang lainnya stagnan? Apakah faktornya dan bagaimana solusinya? Apa langkah yang membedakan pilihan-pilihan negara itu?

Kira-kira itulah beberapa pertanyaan yang akan dibahas mata kuliah yang saya ambil semester ini. Ini adalah mata kuliah yang wajib kami ambil untuk memenuhi syarat Program Master of International Development Studies di Ohio University. Judul mata kuliahnya the Politics of Developing Areas yang digawangi ketua jurusan program saya Dr. Brandon Kendhammer.

Dr. Kendhammer sendiri adalah staff pengajar di political school di OU yang fokus kajiannya adalah Islam di Afrika. Baru-baru ini baru menerbitkan buku soal Boko Haram di Afrika. Seperti dijelaskan di awal bahwa ini adalah mata kuliah wajib dan pengantar soal politik di negara-negara berkembang.
Sebagai proses pembelajaran saya mencoba mereka apa yang saya dapat dari kelas ke dalam video sebagai sebuah metode belajar. Tentunya di video hanya semacam snapshot yang tidak akan terlalu lengkap.

Berikut beberapa poin yang saya rekam di video di bawah. Semoga bermanfaat..

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung