Air adalah sumber kehidupan. Tanpa air manusia dan juga makhluk lain sulit untuk bertahan hidup. Dari sumber itulah berkembang menjadi berbagai kehidupan. Dan salah akses menuju air adalah sungai. Maka tidak heran jika banyak peradaban dimulai dari sungai. Lihatlah peradaban tertua seperti di Mesir dan China daratan yang berkembang di bantaran sungai dan danau.

Begitu pula dengan kehidupan di AS. Bangsa Indian jauh sebelum bangsa Eropa masuk ke daratan Amerika, mereka sudah mengembangkan kehidupan di berbagai bantaran sungai. Salah satu sungai besar di AS adalah kali Ohio (Ohio River). Meskipun bukan sungai terbesar di AS, besar sungai Ohio cukup besar dan mengalir melewati banyak negara bagian. Airnya sendiri bahkan berasal dari hampir 20 wilayah negara bagian di AS.

Saya sempat beberapa kali memperhatikan sungai ini saat berkunjung ke Parkersburg. Dengan aliran air yang cukup besar banyak kota yang berkembang ditopang oleh sungai ini. Salah satu fungsi penting sungai ini juga adalah sumber air bersih bagi penduduk yang tinggal di sekitar aliran sungainya. Saya membuat video sederhana dari beberapa gambar yang saya ambil saat melewati sungai ini. Semoga bermanfaat. 


Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung