Ads (728x90)


Saya buat posting singkat saja dari pengalaman berkunjung ke Cape Town salah satu kota besar di Afrika. Cape Town ini salah satu kota yang paling terkenal di ujung selatan pulai Afrika. Meski ibukota Afrika Selatan itu adalah Johannesburg, namun karena atraksi, sejarah dan karena parlemen ada di kota ini, Cape Town sepertinya lebih terkenal citranya.

Apalagi disini juga banyak diadakan event-event internasional seperti konferensi atau pertemuan tingkat tinggi. Saya kesana sembari mengikuti World Lung Conference tahun 2015.

Kesan saya Cape Town ini adalah kota yang maju, tertata rapi dan memiliki infrastruktur yang baik. Memang masih terlihat sisa-sisa dari politik apartheid dimana kelas menengah masih banyak yang kulit putih, tapi secara ekonomi cukup maju. Karena banyak kulit putih dan cukup maju memang jadi terkesan tidak kompatible dengan citra Afrika yang dianggap masih terbelakang.

Saat kesana saya sempat berkunjung ke beberapa tempat tujun wisata. Saya share daftarnya disini ya
 
Boulder Beach
Ini pusat penguin Afrika, bahkan mungkin satu-satunya tempat dimana kita bisa melihat secara dekat dengan penguin Afrika. Tempatnya menarik dan indah serta satu lagi Cape Town nilai tukarnya tidak jauh dengan Indonesia jadi harga-harga tidak terlalu jauh berbeda.  Saya share video Boulder Beach di bawah ini:



Chapman Peaks

Tempat kedua adalah Chapman Peaks. Ini adalah tempat dimana kita bisa mengobservasi salah satu jalan peninggalan masa kolonial yang dianggap salah satu jalan termahal di Afrika Selatan. Jalan ini merupakan salah satu daya tarik tersendiri karena uniknya yaitu mengukir bukit berbatu menjadi jalan yang indah. Silahkan cek lebih lanjut di video ini :





Table Mountain

Tempat selanjutnya tentu Table Mountain atau Gunung Meja. Ini tempat unik karena puncak gunung berbentuk hamparan batu luas dengan segala ekosistemnya. Gunung Meja jadi semacam landmark yang paling terkenal di Afrika Selatan. Gunung Meja ini diklaim sebagai gunung tertua di dunia dan termasuk dalam warisan budaya dunia yang dilindungi UNESCO. Bahkan hampir semua tempat-tempat unik disini merupakan salah satu bagian dari Kawasan Taman Nasional Table Mountain. Pokoknya keren banget, silahkan cek di video ini:


Robben Island


Ini adalah pulai terpencil di semenanjung selatan afrika dan begitu terkenal karena disinilah ada penjara yang dulu Nelson Mandela pernah dikurung disitu. Memang untuk menuju Robben Island perlu biaya ekstra karena harus menyewa boat atau naik kapal menuju kesana. Saya tidak sempat kesana, tapi bagi anda yang mau ke Cape Town ada baiknya tempat ini dijadikan salah satu tujuan persinggahan.

Pusat Kota Cape Town

Terakhir pusat kota Cape Town sendiri adalah atraksi yang menarik untuk di ekplorasi. Disana banyak pasar barang antik baik itu di toko dengan harga yang cukup bersaing juga ada pasar barang antik yang lebih pocket friendly alias murah dan bisa ditawar. Saya beli hiasan telur burung unta yang memang menjadi salah satu ciri khas di Cape Town. Cindera mata lain adalah aneka kerajinan tangan dan keramik. Satu lagi sebetulnya batu akik, kalo anda seneng batu perhiasan, maka Cape Town adalah tempat yang tepat untuk mencarinya.

Anda juga bisa menikmati kota ini dengan Bis Tur untuk melihat sekeliling kota. Saya share pengalaman saya menyusuri bis ini di video berikut :




Tanjung Harapan dan Cape Point

Tempat lain yang ingin saya share tentunya adalah Tanjung Harapan dan Cape Point. Tanjung Harapan nama yang tidak asing di telinga kita, karena dalam pelajaran sejarah di sekolah dulu nama ini begitu sering disebut. Tanjung Harapan atau (Cape of The Hope) adalah tempat bersejarah sebagai point awal bangsa eropa menginjakkan kakinya di benua Afrika. Dari sini bermulalah bangsa eropa masuk kesini hingga menguasai atau menjajah benua Afrika. Kalo anda ingat kebanyakan dari bangsa Afrika baru merdeka setelah tahun 50 an terutama dengan pengaruh juga Konferensi Asia Afrika yang salah satunya penggagas dan tuan rumahnya ya pa Soekarno, eh Indonesia.

Okelah saya share aja videonya disini saat saya ke Cape of Hope dan Cape Point. Nama terakhir adalah bukit dimana Afsel membangun menara pemantau (light house) untuk melihat pergerakan dari semenanjung selatan afrika. Yang unik dari Cape Point adalah kita bisa observasi pertemuan dua samudera, Atlantik dan Pasifik. Unik kan. Cek disini ya :




Sekian share dari saya soal beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Cape Town. Semoga bermanfaat ya. Terima kasih.

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung