Saya belum pernah tinggal di Roma, Italia, tapi saya beruntung pernah transit di tempat ini untuk beberapa jam saja. Saat itu dalam perjalanan konferensi di Barcelona saya memilih tiket yang bisa transit di Roma untuk sekira 4-5 jam lamanya. Dan inilah yang saya dapatkan, saya bisa berkunjung ke beberapa tempat yang monumental dan merupakan benchmark dan landmark dari kota yang dulu pernah jadi pusat kekaisaran Romawi.

Tentunya beberapa tempat yang menjadi incaran saya, satu yang utama tentu adalah Colleseum atau Colloseo. Ini adalah tempat yang paling terkenal dari Roma dan menjadi pusat kegiatan romawi saat itu. Disinilah para penguasa romawi kuno membuat acara besar termasuk yang paling masyhur adalah pertarungan hidup dan mati antara para gladiator. Anda yang pernah nonton film Gladiator yang diperankan Russel Crow pasti tahu betapa indahnya tempat ini. Saya memang tidak sempat masuk ke tempat itu tapi pemandangan dari luar tentunya kesempatan yang indah untuk dikenang.

Hal lain yang bisa saya share dari perjalanan singkat ini adalah kompleks tempat Colloseo ini ternyata saling berdekatan dan banyak sekali tempat bersejarah. Jujur saja yang saya ingat ketika pertama kali sampai disana adalah kompleks kota tua di Jakarta lama dan Film Saint Seiya. Tempat ini mengingatkan pada kawasan jakarta kota yang lama karena sama sama menyimpan kisah pusat peradaban di waktu yang lama. Bedanya peradaban disini jauh lama dari kota tua, jauh banget. Tapi bahwa disitu berkumpul banyak-banyak situs kuno, itu yang memberi persamaan.

Kedua tempat in imengingatkan pada film Siant Seiya atau Hercules karena memang sepertinya latar belakang dan tempat dari kompleks ini mengilhami kedua film tersebut. Kalo mau lebih jelas silahkan tonton Videonya di atas ya.

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung