Ads (728x90)


Dua bulan lalu saya dikaruniai dua putra kembar yang sehat. Saya dan istri begitu bahagia, sekarang kami punya 3 anak laki-laki yang semoga selalu sehat dan soleh.

Si kembar kami beri nama Faqih Nabhan Abqori dan Salman Tsaqib Arfan. Kedua nama itu baru saya putuskan beberapa hari sebelum aqiqah. Sama seperti dulu Ali Kahfi Karami yang namai beberapa hari menjelang Aqiqah.

Banyak yang tanya kenapa namanya tidak dimiripkan? Orang merujuk pada kebiasaan menamai anak kembar yang selalu dibuat identik. Kami tidak melakukan itu. Idenya karena ingin masing-masing anak bisa lebih mandiri. Secara biologis saudara kembar tentu akan memiliki attachment yang kuat. Tapi untuk nama paling tidak biarlah mereka memiliki namanya sendiri-sendiri yang tidak identik.

Nah terkait nama, saya meyakini bahwa nama adalah doa. Nama baik akan memberi kesan, harapan dan kesan pertama yang baik bagi orangnya. Meskipun banyak di dalam kehidupan sehari-hari nama asli diganti sama nama panggilan yang tidak karuan. Dipanggil pake nama tempat lah, nama binatang atau nama lain yang lucu dan kadang konyol. Alasannya supaya lebih akrab. Tapi sebetulnya kebiasaan seperti itu kurang baik karena sudah dicarikan nama bagus eh malah nggak dipake.

Soal ini ada video bagus di Youtube soal panggilan nama yang nggak keren, coba cek disini :



Saya sedang dalam proses persiapan keberangkatan sekolah waktu saya mencari nama buat dua anak saya ini. Setelah mempertimbangkan banyak hal dua nama diatas yang saya pilih; Faqih Nabhan Abqory dan Salman Tsaqib Arfan keduanya memang berasal dari bahasa Arab. Secara singkat keduanya memiliki arti yang agak mirip-mirip yaitu orang yang cerdas dan berwawasan.

FAQIH NABHAN ABQORY
Faqih artinya orang yang mengerti, berwawasan, memiliki pengetahuan. Nabhan artinya mulia, waspada. Abqory artinya jenius, pintar dan cerdas. Jadi kalo digabung kurang lebih artinya pribadi yang cerdas, pintar, baik dan memiliki wawasan yang luas.

SALMAN TSAQIB ARFAN
Salman artinya tenang, penakluk dan memiliki kelebihan. Tsaqib artinya jitu memiliki pemikiran yang tajam. Arfan artinya cerdas, bijak, teguh pendirian. Kira-kira kalo digabung kurang lebih pribadi yang tenang, konsisten, analisanya tajam dan memiliki pendirian yang teguh.

Ya namanya juga doa, kita berikan doa yang paling baik. Semoga nama itu bisa menginspirasi gerak langkah dan perkembangan dirinya di masa datang. Saya dan istri sepenuhnya faham bahwa setiap pribadi punya kualitas dan jalannya masing-masing. Dan kami akan membimbing Faqih dan Salman menjadi dirinya sendiri. Menemukan potensi terbaiknya. Amin.


Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung