Ads (728x90)





Putra pertama saya lahir 4 tahun yang lalu. Kami beri nama ia Ali Kahfi Karami. Dalam usia 4 tahun sudah banyak perkembangan yang capai. Ali sudah bisa berkomunikasi dengan baik, meskipun kalimatnya belum sempurna. Dia masih sering mengggunakan pola yang terbalik seperti biang Biru Mobil untuk bilang Mobil Biru dan lain sebagainya. Tapi Ali sudah bisa diajak bicara. Bahkan bisa 3 bahasa. Saya dan istri di rumah mengajak dia bicara bahasa Sunda. Teman-teman dan tetangga bicara pake bahasa Indonesia. Tapi di rumah dia tonton video untuk anak-anak dalam bahasa inggris. Jadi jangan heran jika anda ketemu, ia akan bilang one, two three atau minta makan Ikan Fish.

Ali sudah sekolah di playgroup sebelah rumah. Temannya ada sekitar 10 orang. Saat yang lain naik tingkat, saya minta Ali tetap di kelas yang ada sekarang. Karena usianya masih lebih muda di banding temannya yang lain. Ali sudah belajar banyak hal, dari mulai berteman, makan sendiri hingga berdoa saat makan dan menjelang tidur. Guru-gurunya bilang ia cukup mandiri. Ali sudah berani berinteraski dan berteman. Saat anak lain ditunggui ibu, kakak atau neneknya selama sekolah, Ali sudah kami tinggal. Istri saya hanya mengantar dan menjemput karena jarak ke sekolahnya cuma sepelemparan batu.

Usia 4 tahun masih sangat muda. Lagi lucu-lucunya, tapi karakter dan preferensi prbadinya sudah mulai keliatan. Kami tidak sebisa mungkin tidak mengajarkan dia rasa takut yang tidak perlu. Dan sebisa mungkin mengajarkan dia untuk mandiri. Jika jatuh, kami tidak langsung membantu dia bangkit. Jika masih bisa berdiri kami biarkan dia berdiri sendiri. Begitu pula dalam melakukan yang lainnya.

Kami berdoa Ali tetap ceria, tumbuh dan berkembang seperti teman-temannya yang lain. Dan kami berharap ia tumbuh menjadi anak yang soleh akhlak, jiwa dan badannya. Amin

Post a Comment

Thanks to visit my blog
Terima kasih sudah berkunjung